Bang Tyo Dorong UMKM Bangka Naik Kelas Diapresiasi Bupati Bangka Barat

Bang Tyo Dorong UMKM Bangka Naik Kelas Diapresiasi Bupati Bangka Barat

MUNTOK (KASTANEWS.COM)- Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Zuristyo Firmadata mengatakan dukungan BUMN sangat diperlukan untuk  membantu UMKM melewati masa sulit akibat pandemi Covid-19.
“Berbagai kebijakan pemerintah melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) harus didukung penuh perusahaan-perusahaan BUMN,” ujar Zuristyo dalam sosialisasi bertajuk ‘Holding BUMN sebagai Wujud Pemberdayaan UMKM Naik Kelas’, di Muntok, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Senin (19/12).
Kegiatan yang juga dihadiri Bupati Bangka Barat  H. Sukirman, S.H.  dan
Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming, S.E ini terselenggara atas inisiasi Zuristyo bekerjasama dengan Kementerian BUMN,
PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) dan Yayasan Selatan Peduli.
Melalui berbagai kebijakan serta dukungan pemerintah dan BUMN selama pandemi Covid-19, perekonomian Indonesia terus tumbuh positif. Perekonomian Indonesia tumbuh 6,6 % persen y-o-y pada kuartal III tahun 2022.
Zuristyo mengatakan, tingginya jumlah UMKM di Indonesia tidak terlepas dari berbagai tantangan serta kondisi pandemi Covid-19 yang mendorong perubahan pola konsumsi barang dan jasa. Ini menjadi momentum dan peluang untuk akselerasi bertransformasi ke digital.
Salah satu usaha untuk membantu UMKM dilakukan BUMN melalui pembentukan 248 Rumah BUMN yang saat ini tersebar di kawasan perkotaan hingga ke pelosok pedesaan.
Rumah BUMN merupakan sebuah langkah kolaborasi BUMN dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM yang juga diinisiasi oleh Kementerian BUMN sejak Tahun 2016.
Diharapkan Rumah BUMN ini menjadi wadah dan betul betul dimanfaatkan  masyarakat.
“Salah satu BUMN yang pada saat ini menargetkan 1000 UMKM binaan untuk naik kelas adalah PT. PLN. Melalui program Go Online yang bertujuan mengembangkan bisnis secara digital, sehingga terciptanya kemandirian UMKM.,” tandasnya.
UMKM binaan PLN yang telah Go Online ada sebanyak 853. PLN menargetkan 1.853 UMKM Go digital pada akhir tahun 2022. Sebagai upaya menumbuhkan semangat berwirausaha di Kabupaten Bangka Barat, maka perlu adanya dukungan dan kemitraan untuk memfasilitasi dan membina masyarakat dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat.
“Kegiatan ini demi kepentingan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan menjaga imun ekonomi rumah tangga agar tetap survive dalam segala hal,” tukasnya.(rls/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *