Aminurokhman Minta KPU Perhatikan TPS Khusus di Kampus

Aminurokhman Minta KPU Perhatikan TPS Khusus di Kampus

SURABAYA (Kastanews.com): Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Aminurokhman meminta KPU memperhatikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di lokasi seperti kampus-kampus. Mengingat populasi pemilih muda di tahun pemilu nanti akan signifikan terhadap total pemilih nasional.

“Dari catatan saya di Surabaya ini TPS khusus hanya di beberapa tempat seperti lapas, kemudian kalau ada permintaan khusus,” ungkap Amin seusai melakukan kunjungan kerja reses ke Surabaya di Kantor Gubernur Jawa Timur (Jatim), Rabu (4/10).

Amin mengamati fenomena di Surabaya dan kota-kota besar lainnya bahwa banyak mahasiswa berdomisili di luar daerah kampus, namun sulit pulang ke alamat rumah tempat pemilihan berlangsung.

Legislator NasDem dari Dapil Jawa Timur II (Probolinggi-Pasuruan) itu mewanti-wanti KPU agar kendala itu dapat diminimalisasi.

“Jika tidak, pada saat pemilu, yang bersangkutan, dipastikan akan kehilangan haknya ketika KPU tidak memberikan fasilitas untukmemilih kepada yang bersangkutan,” tandasnya.

Usul itu menurutnya perlu dipertimbangkan. Amin mencontohkan Surabaya saja dengan banyaknya kampus baik negeri maupun swasta, potensi pemilih muda hingga puluhan ribu orang. Ketika itu tidak difasilitasi KPU, hak warga negara untuk memilih akan hilang.

“Apalagi mahasiswa yang memiliki daya kritis yang cukup ketika yang bersangkutan tidak mendapatkan akses fasilitasi ke pemilu, tentu ini kita sayangkan. Maka kami mendorong ini (TPS khusus),” tegas Amin. (dpr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *