Mbah Bardi Ingatkan, Peningkatan Jumlah UMK Harus Dibarengi Perbaikan Kualitas Produk

Mbah Bardi Ingatkan, Peningkatan Jumlah UMK Harus Dibarengi Perbaikan Kualitas Produk

JAKARTA (Kastanews.com) : Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Subardi, mengatakan peningkatan jumlah usaha mikro dan kecil (UMK) di Indonesia harus dibarengi dengan peningkatan kualitas produk yang dihasilkan. Hal itu penting agar produk-produk UMK tidak kalah bersaing dengan produk impor yang mulai menjamur di pasar domestik.

“Ini perlu adanya suatu pengawalan khusus, agar mereka mampu bersaing dengan secara kualitas. Tidak hanya marketing tetapi bagaimana mampu bersaing secara kualitas, bukan hanya di internal, tetapi bersaing eksternal dengan produk luar negeri,” ujar Subardi dalam RDP Komisi VI DPR dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN), Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), BP Batam, dan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/9).

Subardi menambahkan, kualitas menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan di tengah iklim perdagangan bebas. Itu merupakan tugas BSN sebagai garda terdepan dalam mengawal peningkatan dan pertahanan kualitas produk-produk lokal.

Meskipun demikian, imbuh Subardi, kecilnya anggaran yang diberikan kepada BSN diharapkan tidak membuat berkecil hati. BSN harus mampu berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam mengawal kualitas produk UMK di Indonesia.

“Bagaimana mengolaborasikan antara BSN dan pemerintah daerah, mereka kan juga punya dinas koperasi, dinas perdagangan, dan dinas dinas yang terkait dengan UMK. Bagaimana mengkolaborasikan semua itu menjadi sattu kekuatan yang nyata. Jangan hanya berfokus pada anggaran APBN yang diberikan pemerintah pusat kepada BSN,” tegasnya.

Diketahui, BSN mendapatkan alokasi anggaran tahun 2024 sejumlah Rp228 miliar yang terdiri dari Rp93 miliar untuk Program Standardisasi Nasional dan Rp134 miliar untuk Program Dukungan Manajemen. (dpr.go.id/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *