Mahasiswa Hukum Unigoro Sandang Duta Pustaka Jatim 2023

Mahasiswa Hukum Unigoro Sandang Duta Pustaka Jatim 2023

BOJONEGORO (Kastanews.com): Bunga Candra Kanti, mahasiswi Semester III Program Studi Hukum Universitas Bojonegoro berhasil menyandang gelar Wakil II Puteri Duta Pustaka Jawa Timur 2023. Tahapan seleksi sendiri telah berlangsung sejak 13 Agustus 2023 lalu di Surabaya.

Bunga menjelaskan saat seleksi tahap pertama, peserta wajib menulis essai sesuai tema yang telah ditentukan panitia penyelenggara.

“Saya menulis essai yang berjudul Inovasi dalam Pengembangan Pustaka bagi Jawa Timur,” ungkap Bunga, Rabu (6/9/2023).

Menurutnya, berkat essai tersebut, mahasiswi Universitas Bojonegoro asal Kecamatan Kedewan ini lolos ke tahap seleksi berikutnya. Bunga mengatakan di seleksi tahap kedua, dirinya diminta mempresentasikan program advokasi sosial yang diinisiasinya, yakni Fun Literation On Whell (FLOW).

Bunga menerangkan, FLOW bertujuan membentuk dan menciptakan proses membaca yang menyenangkan. Setelah membaca, ada sharing session bersama, sehingga kegiatan membaca tidak menimbulkan rasa jenuh dan membosankan, justru lebih atraktif, karena naskah dibacakan dengan cara berbeda.

“Alhamdulillah, selama menjalankan advokasi ini nggak ada kendala sama sekali. Justru anak-anak sangat semangat dan antusias,” tuturnya.

Program advokasi sosial FLOW berhasil membawa Bunga melaju ke tahap Grand Final pada 3 September 2023 ini, dirinya harus menjalani karantina bersama 28 finalis lainnya di Kota Surabaya.

Sebelum karantina, Bunga juga telah menyiapkan diri membangun personal branding, membuat video profil, hingga meng-upload bukti advokasi di sosial media. Mahasiswi Unigoro berusia 19 tahun ini mengungkapkan, jika ada banyak poin penting dinilai oleh dewan juri dan akhirnya Bunga mampu tampil maksimal pada malam puncak Grand Final Duta Pustaka Jatim 2023.

“Penilaian Dewan Juri berdasar seberapa banyak wawasan yang kita miliki. Kemudian penampilan, serta cara berpikir saat menjawab pertanyaan,” jelasnya.

Kini, Bunga Candra Kanti telah dinobatkan sebagai Duta Pustaka Jatim selama satu tahun. Meskipun juga aktif dalam berbagai kegiatan dan organisasi di kampus, Bunga tetap berkomitmen untuk memprioritaskan studinya.

“Ruang lingkup tugas Duta Pustaka Jatim itu universal dan kondisional. Jadi bisa dilakukan sambil berkuliah,” pungkasnya. [rls/red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *