Sudjiwo Tedjo Ruwat Kang Ruwet untuk Kamukten Bojonegoro

Sudjiwo Tedjo Ruwat Kang Ruwet untuk Kamukten Bojonegoro

BOJONEGORO (Kastanews.com): Setahun keberadaan Kajian Sor Keres (KSK) menjadi bagian tersendiri diantara komunitas di Kabupaten Bojonegoro, yang terus mencoba menggagas ide bagi masa depan Bojonegoro. Terus menyuguhkan wacana baru bagi perbaikan, kemajuan melalui kajian yang terus eksis dilakukan hingga setahun terakhir.

Memperingati usianya yang pertama, KSK menghadirkan seniman kondang Sudjiwo Tedjo dengan dialog budaya bertema Mbuang Sengkolo “Ruwat Kang Ruwet Nggayuh Kamukten Bojonegoro” di markas KSK, Jalan Dr Soeharso, Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu (23/9).

Atmosfer acara terlihat begitu membahagiakan dengan kehadiran tokoh-tokoh Bojonegoro, tokoh budaya, politisi, akademisi hingga masyarakat umum.

Dry Subagyo, Ketua KSK menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua yang hadir di malam itu.

“Kami berharap acara ini menjadi refleksi diri untuk membawa kita semua menjadi lebih baik lagi ke depan,” harapnya.

Ruwat Kang Ruwet menurutnya, menjadi sarana kembali kepada diri sendiri, mengoreksi, mengevaluasi diri agar mengetahui kesalahan dan kekurangan pribadi untuk kemajuan semua. Dry Subagyo berharap refleksi ini fokus untuk memperbaiki diri tanpa embel-embel yang lain.

“Kita tidak ingin terlalu tinggi dalam arti, karena ini tahun politik, bisa jadi dianggap menjadi hal lain dalam menyikapi kegiatan ini,” harapnya.

Dry Subagyo mengaku kajian terus dilakukan dari awal terbentuk hingga hari ini dengan harapan memberikan sumbangsih bagi pembangunan di Bojonegoro.

Kehadiran Sujiwo Tedjo di 1 tahun Anniversary KSK ini nampak begitu gayeng hingga tengah malam. Dialog dipadu dengan sajian tembang- tembang milik peraih MTv Award ini terlihat epik dan menyenangkan. Materi dialog terasa lengkap dengan dipandu presenter keren, Arina Shyfa yang mengupas SDM, budaya, pendidikan hingga politik dengan berbagai permasalahan kompleksnya.

Selain Sudjiwo Tedjo, salah satu tokoh juga menjadi pengisi dialog ini yakni Teguh Hariono, Putra Bojonegoro yang Staf Ahli Kementerian Pertahanan RI, terlihat bersama dipanggung bareng Sudjiwo Tedjo.

Beberapa tokoh juga terlihat bertanya hingga memberikan spirit agenda Ruwat Kang Ruwet ini. Seperti halnya Agus Shigro, Budayawan Bojonegoro yang mengkritisi keberadaan icon dan infrastruktur budaya asli Bojonegoro. Kehadiran Agung Supriyanto, anggota DPRD Provinsi Jatim yang juga menggaungkan sikap kritis terhadap Generasi Z yang kini cenderung menjadi generasi cengeng.

Tak kalah menariknya, Kang Yoto yang politisi dan akademisi ini yang menjabarkan ruwat keruwetan yang harus mampu dimanage dalam harmonisasi sehingga menghasilkan kamukten bagi diri hingga masyarakat secara umum.

Harmonisasi demi harmonisasi untuk membawa kemajuan negeri terbahas tuntas dalam dialog malam itu yang diharapkan mampu membangkitkan semangat untuk membawa kemajuan utamanya bagi penghuni Sor Keres hingga masyarakat Bojonegoro pada umumnya. [rls/*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *