Pidato Jokowi pada Pembukaan MUSRA Indonesia I Jabar

Pidato Jokowi pada Pembukaan MUSRA Indonesia I Jabar

GOR Youth Center Arcamanik Bandung, 28 Agustus 2022
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat Pagi, Salam Sejahtera bagi kita semua.
Sampurasun, Sampurasun
Yang Saya hormati senior kita penasehat kita Bapak Sidarto Danusubruto.
Yang Saya hormati Pak Budi Arie, Pak Andi Gani, Panel Barus beserta seluruh rekan rekan yang tidak bisa saya sebut satu persatu.
Pagi hari ini, Saya senang sekali bisa silaturahmi dengan Bapak ibu dan saudara saudara sekalian, karena sudah lama tidak bertemu.
Yang paling penting saya titip agar semuanya ini kita Kompak Kompak, menjaga kekompakan menjaga kerukunan, menjaga persatuan diantara kita menuju ke 2024. Dan Saya senang ada Musra, gagasan Musra ini baik, Musyawarah Rakyat, sehingga rakyat memiliki ruang untuk berdemokrasi, untuk menyampaikan keinginan keinginannya, baik mengenai Indonesia ke depan seperti apa? Baik pemimpinnya seperti apa yang diinginkan rakyat.
Memang kita harus tahu juga menurut Undang Undang, menurut Konstitusi yang mengusung calon presiden, wakil presiden, itu adalah Partai atau Gabungan Partai, Iya!.. Tapi pada saat pencoblosan itu yang menentukan itu gantian adalah RAKYAT. Jadi sekaligus Musra adalah Instrumen Berdemokrasi dan kita harapkan Musra bisa memunculkan Pemimpin pemimpin yang dicintai rakyat, pemimpin pemimpin yang mau dekat dengan rakyat, pemimpin pemimpin yang mau turun ke bawah, tidak hanya duduk, enak di Istana.
Musra adalah forumnya akar rumput, Musra adalah forumnya rakyat ikut bersuara, yang juga kita harapkan nanti melahirkan agenda agenda kebangsaan, program program yang dirumuskan yang berguna yang bermanfaat bagi rakyat.
Sekali lagi kita harus Kompak, kita harus Kade, Setuju ndak? Kade, hati hati, Ulah Gurung  Gusuh, Ulah Buru buru, Ulah Lepat, jangan salah kita menentukan siapa, jangan salah menentukan sikap dan sekali lagi Saya akan selalu Taat pada Konstitusi dan Kehendak Rakyat. Saya ulangi, Saya akan Taat Konstitusi dan Kehendak Rakyat.
Nanti, kalau dalam Musra ini sudah ketemu siapa? Tolong saya dibisiki, karena ini adalah forumnya rakyat, boleh rakyat bersuara kan? Ya karena negara ini negara demokrasi, jangan sampai ada yang baru ngomong 3 periode gitu aja dah rame, itu kan tataran wacana kan? Kan boleh saja orang menyampaikan pendapat, wong ada yang ngomong ganti presiden, kan juga boleh, ya ndak, Jokowi mundur, kan juga boleh.
Ini katanya negara  Demokrasi, ya kan? Ada yang tanya lagi terus siapa Pak? Siapa? Ya nanti ini forumnya Musra ini ditanya Siapa?  Jokowi Jokowi..Konstitusi tidak memperbolehkan ..ya sudah jelas itu dan sekali lagi saya akan selalu taat pada konstitusi dan kehendak rakyat. Dan itu tataran wacana gak papa,  yang paling penting sekali saya ingatkan dalam menyampaikan pendapat, dalam menyampaikan aspirasi jangan Anarkis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.