Megawati Minta KPK Dibubarin, Taufik Basari Tegaskan KPK Masih Dibutuhkan

Megawati Minta KPK Dibubarin, Taufik Basari Tegaskan KPK Masih Dibutuhkan

JAKARTA (Kastanews.com): Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Taufik Basari, menekankan keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih sangat dibutuhkan. Hal ini merespons pernyataan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri, yang mengungkap pernah meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) membubarkan lembaga antirasuah itu.

“Saat ini kita masih membutuhkan KPK ya, terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang ada, kita masih membutuhkan KPK,” kata Taufik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/8).

Ketua Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) DPP Partai NasDem itu berpandangan, niat membubarkan KPK mestinya tidak serta-merta terucap dan perlu didahulukan dengan evaluasi.

“Evaluasi ini harus menyeluruh, apakah memang lebih baik tidak ada KPK sehingga diserahkan kepada institusi penegak hukum lainnya ataukah masih dibutuhkan,” tandas Taufik.

Terkait keefektifan KPK juga mesti melalui evaluasi. Taufik menegaskan pentingnya menyampaikan gagasan yang didasarkan pada evaluasi terlebih dahulu.

“Jadi apapun itu, kita berharap didahului dengan riset, evaluasi, sehingga keputusan-keputusan yang diambil selalu berdasarkan data dan fakta,” tukas legislator dari Dapil Lampung I (Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Barat, Tanggamus, Pesawaran, Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Pringsewu, Pesisir Barat) itu.

Sebelumnya, Ketua BPIP Megawati Soekarnoputri mengaku pernah meminta Presiden Jokowi untuk membubarkan KPK. Ia menilai lembaga antikorupsi tersebut tidak lagi efektif.

“Saya sampai kadang-kadang bilang sama Pak Jokowi, udah deh bubarin aja KPK itu Pak, jadi menurut saya enggak efektif,” kata Megawati, di Jakarta, Senin (21/8). (fnd/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *