Chatib Basri: Spending Jelang Pemilu Dorong Konsumsi Signifikan

Chatib Basri: Spending Jelang Pemilu Dorong Konsumsi Signifikan

JAKARTA (17 Maret): Tensi geopolitik tidak bisa dipungkiri bakal mempengaruhi harga energi dan komoditas yang mengakibatkan harga-harga akan terus berfluktuasi.

Hal tersebut diungkapkan Ekonom Senior dan Co-Founder Creco Research Institute, yang juga mantan Menteri Keuangan Indonesia, Dr. Muhammad Chatib Basri saat menjadi narasumber dalam Stadium General bertajuk GladTalk Knowing Not to Know “Ekonomi Indonesia Menjelang Pemilu Tahun 2024” di Auditorium NasDem Tower, Jakarta Pusat, Jumat (17/3).

“Kenaikan tingkat bunga di Amerika Serikat tentu akan mempengaruhi investasi di banyak negara termasuk Indonesia,” kata Chatib Basri.

Menurutnya, bangkrutnya Silicon Valley Bank (SVB) di Amerika Serikat boleh jadi akan berpengaruh terhadap pelambatan export Indonesia. Akan tetapi, Chatib Basri masih mengaku optimis bahwa Indonesia tidak akan mengalami resesi.

“Jadi kalau kita lihat pertumbuhan, saya lihat bahwa tahun 2023 ekonomi Indonesia masih akan tumbuh sekitar 4,8 persen. Jangan lupa spending menjelang Pemilu itu besar dan itu akan mendorong konsumsi cukup signifikan,” terangnya.

Dia juga membagikan pengalaman di banyak negara bahwa pentingnya menggarap industrialisasi dan infrastruktur yang menjadi kunci pertumbuhan ekonomi karena menurutnya tidak ada satu pun negara yang bisa tumbuh apabila tidak memiliki infastructure development.

Untuk itu, lanjutnya, dalam rangka menjaga optimisme ekonomi Indonesia perlu menjaga kualitas industrialisasi dan infrastruktur yang baik serta ditunjang dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) mumpuni. Karena menurut Chatib, infrastruktur dan industrialisasi tidak akan menghasilkan growth (pertumbuhan) yang cukup baik jika tidak ditunjang kualitas SDM yang ada.

“Last but not least yang paling penting itu adalah government karena tanpa tata kelola yang baik, ada isu korupsi dan macam-macam itu, akan membuat sebuah negara tidak sustainable,” kata dia.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua MPR RI yang juga Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem, Lestari Moerdijat, Anggota Fraksi NasDem DPR RI yang juga Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Partai NasDem Wilayah Bali, NTB, dan NTT, Julie Sutrisno Laiskodat serta Kapoksi Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Sulaeman L Hamzah. (wayram/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *