Supiadin Sebut Garut Juga Ingin Jaga Ketahanan Pangan Dunia

Supiadin Sebut Garut Juga Ingin Jaga Ketahanan Pangan Dunia

GARUT (Kastanews.com) – Kabupaten Garut, Jawa Barat (Jabar) disebut juga ingin ambil bagian dalam upaya menjaga ketahanan pangan dunia di tengah ancaman krisis pangan global.
Demikian diutarakan Ketua Bidang Pertahanan dan Keamanan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Supiadin Aries Saputra (SAS) usai melakukan pertemuan dengan belasan kelompok tani di Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jabar, baru-baru ini.
“Kita akan mengembangkan minimal 5 hektare per desa kalau kita kali 420 desa di Garut maka Garut sudah berperan pada 2.100 hektare, ” kata Supiadin.
Hadir pula dalam pertemuan tersebut Gubernur Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem, IGK Manila dan Anggota Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP NasDem, H. Ayep Zaki.
Supiadin menuturkan program 1 juta hektare budidaya pertanian yang dicanangkan NasDem  juga telah menyentuh berbagai daerah mulai Papua hingga Aceh.
Menurut dia sebagai Ketua DPP NasDem yang juga sekaligus putra daerah Garut, Supiadin ingin tanah kelahirannya dapat menjadi salah satu daerah yang ikut mengembangkan program budidaya pertanian NasDem. Pasalnya dia meyakini negara akan aman dan sejahtera apabila stok pangan tercukupi.
“Kalau ini berhasil luar biasa. Program ini juga bukan sekadar program tetapi ini aksi nyata, ” tambah dia.
Lebih jauh Supiadin menegaskan NasDem melalui H. Ayep Zaki selaku penanggung jawab program budidaya pertanian NasDem akan menjamin seluruh hasil panen kedelai sebagai off taker dengan harga Rp. 9.000 per kg sementara para petani menyebutkan sebelumnya hanya mampu menjual paling tinggi dengan harga Rp. 3.500.
Supiadin menambahkan salah satu solusi di tengah himpitan krisis pangan global adalah mengimbanginya dengan produktivitas agar para petani tidak hanya tergantung tapi juga menjadi bagian dari solusi untuk mengatasi kondisi pangan dunia saat ini.
“Jadi kita tidak boleh hanya menunggu mengeluh tapi inilah solusi dengan jaminan yang pasti bukan cuma janji tapi kita ingin poses penanaman sampai panen meningkatkan kesejahteraan rakyat, ” kata dia.
Ditambahkan Supiadin, partainya juga akan memberikan pendampingan kepada para petani mulai dari pemberian bibit, pupuk hingga pendampingan pertanian sampai panen.
“Bibit dijamin kualitasnya dengan harga yang layak untuk petani kemudian penanaman juga terus didampingi,” tandas dia. (WH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.