Subardi: Kereta Cepat Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Subardi: Kereta Cepat Dorong Pertumbuhan Ekonomi

YOGYAKARTA (Kastanews.com): Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Subardi menilai proyek Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung sebagai proyek kebanggaan nasional. Menurutnya, kereta cepat ini merupakan transportasi massal modern dan banyak diterapkan di negara maju.

“Ini proyek strategis dan visioner. Kita boleh bangga punya kereta cepat seperti Jepang, China, Jerman, Prancis dan banyak negara maju lainnya,” kata Subardi saat menjadi pemateri diskusi publik bertajuk Kereta Cepat untuk Indonesia Maju yang digelar PT KAI di Yogyakarta, Senin (26/12).

Legislator NasDem dari Dapil DIY itu menepis anggapan bahwa proyek senilai Rp21,4 triliun membebani anggaran Negara, terlebih proyek ini melibatkan konsorsium China. Menurutnya, Komisi VI telah menyetujui tambahan Penyertaan Modal Negara 2022 senilai Rp3,2 triliun untuk cost overrun (pembengkakan biaya). Tambahan modal itu disetorkan ke PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sebagai perusahaan konsorsium antara BUMN dengan perusahaan China.

Ketua DPW NasDem DIY itu juga mencontohkan keberhasilan proyek kereta cepat di Arab Saudi yang melibatkan konsorsium Saudi dengan China. Kereta bernama Haramain Express menelan anggaran sekitar Rp100 triliun. Proyek kebanggaan Saudi itu memliki jarak 450 kilometer dengan kecepatan 300 km/jam dan mampu mengangkut 60 juta penumpang setiap tahun.

“Arab Saudi berhasil dengan proyek besar senilai 100 triliun rupiah. Itu juga melibatkan konsorsium China dan perusahaan Saudi. Mobilitas jemaah haji dari Mekah ke Madinah sekarang sekitar dua jam dari sebelumnya enam jam perjalanan darat,” kata Subardi.

Kereta Cepat Jakarta Bandung memiliki kecepatan hingga 350km/jam. Jarak kereta cepat dari Jakarta hingga Bandung membentang sejauh 142,3km dengan perkiraan waktu tempuh 40 menit. Progres kereta cepat itu berada pada tahap akhir. Saat Presiden Jokowi meninjau proyek di Stasiun Tegalluar, Bandung, 13 Oktober 2022, progres mencapai 88,8 persen dan siap beroperasi pada Juni 2023 tahun depan.

Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung atau KCJB diyakini berdampak pada pertumbuhan ekonomi utamanya di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat. Mobilitas masyarakat di Jakarta dan Bandung akan lebih efisien. Subardi berharap ke depan proyek kereta cepat akan dibangun di kota lainnya.

“Harapan saya suatu saat kereta cepat dibangun di berbagai daerah. Ekonomi dan investasi kita akan tumbuh kalau arus transportasi lancar dan efisien,” jelas Subardi.

Menurut Eduard selaku Senior Manajer Angkutan Penumpang PT. KAI Daerah Operasi Yogyakarta, proyek kereta cepat akan membuktikan kemampuan anak bangsa dalam menghadirkan transportasi modern. Proyek ini juga menjadi kredibilitas KAI sebagai perusahaan kereta api nasional.

“Pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung akan menghadirkan transportasi modern di Indonesia. KAI berkomitmen untuk menyelesaikan penugasan ini dengan sebaik-baiknya,” jelas Eduard.

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung terhitung sudah berjalan selama tujuh tahun sejak Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama di kebun teh Mandalasari, Kabupaten Bandung Barat, 21 Januari 2016. Kereta cepat akan terintegrasi dengan LRT Jabodebek dan Transjakarta. (NK/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *