Sri Wahyuni Sukseskan Program SPAL-DS Lima Desa di Ponorogo

Sri Wahyuni Sukseskan Program SPAL-DS Lima Desa di Ponorogo

PONOROGO (Kastanews.com): Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Sri Wahyuni melakukan serah terima secara simbolis program pembangunan Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Setempat(SPAL-DS) kepada perwakilan 35 keluarga penerima manfaat di Desa Blembem, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (21/2).

Sri Wahyuni mengatakan, masalah sanitasi permukiman, khususnya air limbah domestik masih menjadi pekerjaan rumah di banyak daerah. Untuk mengatasi itu, pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR menggalakkan program pembangunan SPAL-DS berupa fasilitas sanitasi toilet bagi daerah-daerah yang masih minim kelayakan dalam sanitasi.

“Alhamdulillah program-program (pembangunan) yang saya bawa ke dapil sudah sampai dan terealisasi di Desa Blembem ini,” ujar Sri Wahyuni di hadapan masyarakat Desa Blembem.

Pembangunan SPAL-DS tersebut merupakan hasil perjuangan Sri Wahyuni atas aspirasi masyarakat di dapilnya. Ada 175 unit toilet SPAL-DS yang tersebar di lima desa di Kabupaten Ponorogo.

Ke lima desa tersebut adalah Desa Munggung di Kecamatan Pulung, Desa Tumpuk di Kecamatan Sawoo, Desa Pudak Kulon di Kecamatan Pudak, Desa Kunti di Kecamatan Bungkal serta Desa Blembem di Kecamatan Jambon. Masing-masing desa mendapatkan 35 unit, dengan total pembangunan menghabiskan anggaran pusat sekitar Rp500 juta bagi setiap desa.

Selain SPAL-DS, Sri Wahyuni juga merealisasikan program bedah rumah BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya) dan P3TGAI (Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air lrigasi) yang telah dinikmati masyarakat.

“Semoga ini bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin”, ungkap Sri Wahyuni.

Legislator NasDem dari Dapil Jawa Timur VII (Ponorogo, Magetan, Pacitan, Trenggalek, dan Ngawi) itu menekankan agar tidak ada lagi masyarakat yang masih buang air sembarangan.

“Dengan adanya fasilitas sanitasi yang lebih layak, diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan di tempat tinggal warga,” tukas Sri Wahyuni.

Kepala Desa Blembem, Djimanto mengapresiasi kepedulian Sri Wahyuni yang telah menghadirkan program aspirasi sesuai kebutuhan masyarakat. Di depan warganya, Djimanto menyebut Sri Wahyuni adalah salah satu contoh wakil rakyat teladan, karena selalu memikirkan kepentingan masyarakat konstituen yang diwakilinya.

“Bu Sri Wahyuni ini, adalah wakil kita yang duduk di Senayan (DPR-RI) Jakarta, namun selalu ingat dan memikirkan apa yang kita butuhkan di daerah. Alhamdulillah beberapa program aspirasi telah kami terima dan terwujud di Desa Blembem ini. Matur nuwun,” tegas Djimanto.(RO/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *