Rico Sia Ingin IKM Olahan Ikan Laut Buka Lapangan Kerja Baru

Rico Sia Ingin IKM Olahan Ikan Laut Buka Lapangan Kerja Baru

TEMINABUAN (Kastanews.com):  Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Rico Sia membuka Diklat 3 In 1 Pembuatan Aneka Olahan Berbasis Ikan laut di Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel), Papua Barat Daya, Rabu (22/2).

Diklat ini merupakan hasil kerjasama Balai Diklat Industri Makassar (BDI) dengan Komisi VII DPR-RI dengan mengikutsertakan 75 peserta Industri Kecil Menengah (IKM) yang berada di wilayah Kabupaten Sorong Selatan.

Dengan digelarnya kegiatan ini, Rico Sia mengaresiasii semangat peserta IKM dalam mengikuti pelatihan. Legislator NasDem dari Dapil Papua Barat itupun berharap, setelah pelatihan ini akan tumbuh IKM atau wirausaha baru di sektor industri aneka olahan ikan laut yang menjadi lapangan kerja baru.

“Produk produk ini saya harap akan menjadi industri aneka olahan ikan, dan nanti bisa dipasarkan melalui pasar sebagai oleh-oleh dari Kabupaten Sorong Selatan,” ujar Rico Sia.

Agus Salim, Instruktur Diklat Industri Makassar mengatakan, materi pelatihan fokus pada produk aneka olahan ikan laut. Tujuan kegiatan ini adalah, peserta mampu dan memahami serta mempraktekkan dalam hal pengolahan ikan laut sehingga dapat menjadi sumber penghasilan dan bermanfaat.

“Strukturnya, peserta akan diajarkan membuat bakso, otak otak ikan, mpek mpek ikan dan nugget. Nanti peserta pelatihan juga akan mendapatkan sertifikat. Dalam pelatihan ini juga akan diajarkan tentang keselamatan dan kesehatan kerja,” jelasnya.(/*)rls

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *