Rico Sia : Tumbuh Kembang UMKM untuk Menopang Ekonomi Nasional

Rico Sia : Tumbuh Kembang UMKM untuk Menopang Ekonomi Nasional

Kastanews.id, Jakarta (23/9): Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Rico Sia, mengatakan bahwa upaya menumbuhkembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi langkah yang tepat untuk penopang ekonomi nasional.

Hal tersebut dikatakan saat mengikuti Rapat Kerja Komisi VII DPR dengan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (22/9).

“Namun yang sering dilupakan adalah di saat kita mendorong agar mereka berproduksi hingga mencapai kuantitas yang diinginkan untuk diekspor ataupun dijual secara lokal, yang terjadi adalah mereka tidak bisa menjual hasil produksinya,” ungkap Rico.

Legislator dari Dapil Papua Barat itu menambahkan, yang patut diketahui adalah bila memacu UMKM untuk berproduksi tanpa mempersiapkan dengan baik tempat penjualan atau penampungan hasil produksi, maka yang terjadi adalah UMKM tersebut akan memiliki utang yang sangat besar.

“Oleh karena itu, saya berharap, penyediaan tempat penjualan atau penampungan hasil produksi bisa menjadi bahan pemikiran agar bagaimana caranya untuk bisa bekerja sama dengan kementerian lain dalam mencari solusi terkait UMKM,” kata Rico.

Dalam kesempatan tersebut, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan, Kemenperin mendorong dan mengalokasikan anggaran lebih besar di kegiatan wira usaha baru. Ia juga menegaskan bahwa industri kecil menengah (IKM) mempunyai peran yang sangat penting.

“Kami mengupayakan sedemikian rupa agar industri kecil menengah bisa semakin banyak masuk menjadi suplay change untuk industri-industri yang lebih besar, dan industri menengah bisa masuk ke industri besar. Kita tidak akan pernah berhenti mendorong agar industri kecil ini bisa naik kelas ke industri menengah dan dari industri menengah ke industri besar. Itu yang terus menerus kita upayakan,” tuturnya. (Yudistira)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *