Hadir di Teknofest Turki, Rachmat Gobel Promosikan Teknologi Dirgantara Indonesia

Hadir di Teknofest Turki, Rachmat Gobel Promosikan Teknologi Dirgantara Indonesia

Kastanews.id, Jakarta (22/9) : Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, menghadiri pameran teknologi Teknofest 2021 di Bandara Ataturk, Istanbul, Turki, pada Selasa (21/9).

Gobel datang memenuhi undangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (Kedubes RI) di Turki untuk menghadiri pameran yang diadakan sejak 2018 ini.

Legislator Nasdem ini datang didampingi sejumlah anggota DPR, diantaranya Anton Sukartono Suratto, Bambang Patijaya, Jazuli Juwaini, Vera Febyanthy, Kresna Dewanata Phrosakh, Ina Elisabeth Kobak, Muhammad Rapsel Ali, dan Direktur utama PTDI, Elfien Goentoro.

“Ini pameran yang strategis dan penting dalam membangun mimpi generasi muda dan kecintaan terhadap produk dalam negerinya. Kita juga mempromosikan keunggulan teknologi dirgantara Indonesia,” kata Rachmat Gobel.

Indonesia yang diwakili PT Dirgantara Indonesia dan PT Inka menjadi guest of honour (tamu kehormatan). Di paviliun Indonesia juga terdapat desk milik ITS, ITB, UI, RAI, BRIN, Osse, dan lain-lain. Dalam pamerannya PTDI menampilkan CN235, serta mengenalkan program pembuatan pesawat N219 dan R80.

Selanjutnya, Turki selaku tuan rumah menampilkan produk-produk pesawat buatan Turki, Drone militer, dan beragam capaian teknologi, di antaranya mock up mobil listrik Turki Togg.

Dalam gelaran Teknofest 2021 ini, juga diselenggarakan kompetisi teknologi dengan banyak kategori yang diikuti pelajar, mahasiswa, dan generasi muda. Kompetisi ini diikuti ribuan peserta dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Peserta dari Indonesia adalah UI, ITB, UGM, ITS, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Telkom.

Lomba inilah yang menjadi daya pikat Teknofest, karena pengunjung pameran ini umumnya pelajar dan mahasiswa. Indonesia mengikuti kompetisi ini pada 2018 dan 2019 dan berhasil menjadi juara, yaitu ITS dan ITB. Pada tahun 2020 Indonesia absen dikarenakan Pandemi Covid-19.

“Ini yang mengesankan, mimpi anak-anak tentang masa depan sudah ditanamkan, pada saat yang sama mereka juga dipompa cinta dan bangga terhadap bangsanya,” kata Gobel.

Pada kesempatan itu juga, Gobel menyaksikan penandatanganan kerja sama pengembangan teknologi dirgantara antara PTDI yang diwakili, Elfien Goentoro dengan Turkey Aerospace Industries, yang diwakili Temel Kotil.

Masih diacara yang sama, Gobel juga mengadakan pertemuan khusus dengan Menteri Industri dan Teknolofi Turki, Mustafa Varank untuk membangun kerjasama antara Indonesia dan Turki.

“Ini pertemuan yang sangat bernilai. Banyak hal dibicarakan untuk membangun kerja sama kedua negara,” ujar Gobel. (Yudistira)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *