Program Air Bersih Prabowo-Gibran Penuhan Hak Dasar Masyarakat di Berbagai Wilayah

Program Air Bersih Prabowo-Gibran Penuhan Hak Dasar Masyarakat di Berbagai Wilayah

JAKARTA (KASTANEWS.COM)- Air bersih merupakan sumber kehidupan bagi manusia. Namun, saat ini fenomena krisis air bersih sedang dihadapi masyarakat di Indonesia.

Hal itu yang dicanangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka melalui Program Air Bersih yang dilakukan di sejumlah wilayah yang mengalami krisis air.

Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Prabowo-Gibran menegaskan dengan adanya peresmian titik air bersih tersebut sebagai pemenuhan hak dasar setiap masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia, terutama seusai adanya kekeringan akibat musim kemarau.

Prabowo yang masih menjabat sebagai menteri pertahanan juga telah menjalani program pengadaan air bersih di beberapa titik wilayah sepanjang 2023.

Berikut ini program air bersih yang telah dilakukan Prabowo Subianto di beberapa titik wilayah di Indonesia sepanjang 2023.

Nusa Tenggara Barat
Prabowo Subianto meresmikan total 31 titik sumber mata air yang tersebar di Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebelumnya, ia telah berhasil meresmikan 20 titik sumur bor di Lombok pada Februari 2023 dan dilanjutkan 11 titik sumur air bersih di Sumbawa pada Mei 2023.

Jawa Tengah
Prabowo Subianto meresmikan 27 titik air bersih di beberapa wilayah di Jawa Tengah pada Agustus dan Oktober 2023. Sebanyak 11 titik sumber air bersih di Gunungkidul dan Bantul, Jawa Tengah, pada Rabu (9/8/2023). Adanya peresmian tersebut diharapkan dapat membantu sekitar 6.000 warga.

Selanjutnya, ia juga meresmikan 16 titik air bersih yang tersebar di lima kabupaten di Jawa Tengah, pada Oktober 2023. Rincian peresmian tersebut, yaitu 7 titik di Kabupaten Banyumas, 3 titik di Kabupaten Blora, 3 titik di Kabupaten Boyolali, 2 titik di Kabupaten Purworejo, dan 1 titik di Kabupaten Kendal.

Jawa Barat
Prabowo melanjutkan program pengadaan sumber air bersih ini ke enam wilayah di Jawa Barat dan Banten pada November 2023. Sebanyak 15 titik bantuan air bersih tersebar di berbagai 10 titik di Jawa Barat dan 5 titik di Banten.

Bantuan air bersih di Jawa Barat diharapkan mampu menjangkau 1.835 kepala keluarga yang terbagi di empat desa di Kabupaten Kuningan, dua desa di Kabupaten Bogor, dan empat desa di Kabupaten Sukabumi.

Adapun di Banten, bantuan air bersih berhasil mengalir dan dapat dirasakan manfaatnya oleh 562 kepala keluarga di lima titik yang tersebar di Kabupaten Tangerang, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak.

Maluku
Prabowo Subianto meresmikan 16 titik air bersih di Desa Werwaru, Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Senin (4/9/2023). Peresmian 16 titik tersebut menjadi bentuk solusi dari isu yang dikeluhkan oleh masyarakat setempat terkait ketersediaan air bersih di Pulau Moa, Maluku Barat Daya.

Pamekasan
Prabowo Subianto secara serentak meresmikan 12 titik air di 5 kecamatan di Pamekasan, Madura Jawa Timur, Minggu (26/11/2023). Jumlah keseluruhan dari 12 titik air yang tersebar, yaitu 3 titik di Kecamatan Pegantenan, 2 titik di Kecamatan Palengaan, 4 titik di Kecamatan Batumarmar, 2 titik di Kecamatan Waru, dan 1 titik di Kecamatan Pasean.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *