Parlemen Ukraina ke NasDem, Minta Indonesia Jembatani Terjadinya Perdamaian di Negaranya

Parlemen Ukraina ke NasDem, Minta Indonesia Jembatani Terjadinya Perdamaian di Negaranya

JAKARTA (Kastanews.com): Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menerima kunjungan dari delegasi Parlemen Ukraina di NasDem Tower, Jakarta Pusat. Pertemuan itu, membahas mengenai kondisi geopolitik dan hubungan Indonesia dengan Ukraina.

“Hari ini, DPP NasDem menerima kunjungan kehormatan dari utusan Parlemen Ukraina dan ini kedatangan yang kedua kalinya ke Partai NasDem ,” ujar Ketua Bidang Hubungan Internasional DPP Partai NasDem , Martin Manurung seusai pertemuan di NasDem Tower, Kamis, (10/8/2023).

Anggota DPR RI itu menuturkan, Partai NasDem bersama Ukraina telah menjalani komunikasi cukup intens. Dan Martin juga menegaskan bahwa Partai NasDem tetap konsisten terhadap sikapnya terkait konflik yang terjadi di Ukraina.

Terlepas dari pro kontra atau persepsi apapun yang berkembang, Partai NasDem tetap memegang tiga prinsip. Pertama, prinsip kemanusiaan. Kedua, prinsip keadilan sosial. Yang Ketiga, prinsip perdamaian.

Dengan tiga prinsip ini Partai NasDem menyatakan solidaritas kepada rakyat Ukraina yang saat ini mengalami gejolak dengan Rusia.

“Kami berharap bahwa konflik yang terjadi di Ukraina bisa berakhir secepatnya dan kami mendoakan semoga rakyat Ukraina bisa tetap bertahan dan juga kedua belah pihak, baik Ukraina dan Rusia bisa menemukan titik temu sebagai perdamaian,” harap Martin.

Chair of Committee on Foreign Policy and Interparliamentary Cooperation at Verkhovna Rada of
Ukraine, Oleksandr Merezhko mengakui kedatangannya ke Indonesia dan Partai NasDem karena Indonesia merupakan negara yang dihormati oleh seluruh dunia.

Indonesia bisa dapat memainkan peran penting dalam membawa perdamaian dan menjembatani terjadinya perdamaian di Ukraina.

“Satu-satunya hal yang harus kita lakukan adalah mendukung Piagam PBB, mendukung integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina,” ungkap Oleksandr.

Ia berharap Indonesia akan mengambil bagian dalam KTT perdamaian dan akan berbicara untuk mendukung Piagam PBB, untuk mendukung hukum internasional, untuk mendukung martabat manusia, dan dengan demikian untuk mendukung integritas wilayah kedaulatan Ukraina.

Oleksandr juga percaya bahwa Ukraina dan Indonesia memiliki masa depan yang cerah dalam hal pengembangan hubungan ekonomi.

“Kita memiliki banyak hal untuk ditawarkan dalam mengembangkan hubungan ekonomi. Kita juga bisa meningkatkan hubungan ekonomi dan meningkatkan kekayaan kedua negara dan kemakmuran di dunia,” tandasnya.

Dalam pertemuan tersebut, selain Martin Manurung, Fungsionaris DPP Partai NasDem diwakili Ketua Fraksi Partai NasDem Roberth Rouw, anggota Majelis Tinggi DPP Partai NasDem Lestari Moerdijat, Ketua DPP Partai NasDem M Farhan.

Sedangkan dari Ukraina diwakili Oleksandr Merezhko (Chair of Committee on Foreign Policy and Interparliamentary Cooperation at Verkhovna Rada of Ukraine, Parliament).

H.E. Dr. Vasyl Hamianin (Ambassador of Ukraine to the Republic of Indonesia), lalu, Oleksandr Bondarenko (counsellor, Embassy of Ukraine in the Republic of Indonesia) dan Svitlana (first secretary, Embassy of Ukraine).(rls/wayram/*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *