NasDem Terima Kunjungan Socdem Asia-Progressive Alliance

NasDem Terima Kunjungan Socdem Asia-Progressive Alliance

JAKARTA (Kastanews.com)- Fraksi Partai NasDem DPR RI menerima Socdem Asia-
Progressive Alliance di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/11). Delegasi diterima Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat bersama Anggota Fraksi NasDem yang juga anggota Socdem Asia, Martin Manurung.
Kunjungan ke Fraksi Partai NasDem DPR RI ini merupakan rangkaian Socdem Asia-
Progressive Alliance Conference 2022 dengan tema ‘Politics of Identities: Harnessing the Power in Diversity and Unity’. Giat kali ini Partai NasDem didapuk menjadi tuan rumah.
“Progressive Alliance adalah jaringan partai politik yang beranggotakan 139 partai politik di dunia. Tahun 2022 ini, NasDem menjadi tuan rumah, kami sangat terhormat karena juga datang partai-partai politik besar dari Eropa, Australia, Asia Selatan,” ujar Martin usai menerima delegasi.
Beberapa hal yang menjadi perbincangan dalam pertemuan tersebut diantaranya terkait perkembangan sosial politik dunia, kondisi krisis energi dan pangan, hingga pertukaran pengalaman politik dari penjuru dunia. Tema utama terkait politik identitas dan polarisasi juga turut diperbincangkan.
“Anggota Progressive Alliance banyak yang baru menyelesaikan pemilihan umum seperti di Jerman dan Malaysia. Umumnya di sana tantangannya berat, sentimen polarisasi menguat, sama halnya di Indonesia. Kami akan dengar pengalaman mereka, bertukarpikiran, bagaimana kita sebagai partai politik yang pro demokrasi untuk bisa menyikapi perkembangan ini,” tandas Martin.
Ketua Bidang Hubungan Internasional DPP Partai NasDem ini juga mengatakan, Progressive Alliance adalah jaringan partai politik yang mengadopsi prinsip-prinsip keadilan sosial. Keadilan sosial menjadi kampanye dan gerakan utama dari setiap anggota.
“Bagaimana keadilan sosial ini kita implementasikan di tengah tantangan global tadi. Krisis pangan, energi, serta menguatnya polarisasi di masyarakat,” ungkapnya.
Terkait kunjungan ke Fraksi Partai NasDem DPR RI, Martin mengatakan, ini adalah tradisi untuk saling mengunjungi institusi parlemen. Selain itu, Progressive Alliance juga mengapresiasi Fraksi NasDem DPR RI yang telah memerjuangkan Undang-undang yang pro publik.
“Mereka mendengar apa yang Fraksi NasDem perjuangkan. Kita berhasil mengegolkan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual, kita juga sedang memperjuangkan RUU Masyarakat Hukum Adat, RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga. Ini semua isu-isu yang sangat berkaitan dengan tema Progressive Alliance. Jadi mereka sangat apresiasi pada Partai NasDem,” jelasnya.
Martin berharap, Progressive Alliance bisa terus bekerja sama untuk memerjuangkan keadilan sosial. Kerja sama antar partai politik dunia bisa menambah pengetahuan dan saling tukar pengalaman mengatasi krisis antar partai politik.
“Kita sudah sering melaksanakan pertukaran anggota parlemen, pertukaran tenaga ahli. Jadi harapan kita, ini bisa terus terjadi sehingga membuat jaringan NasDem makin kuat di dunia internasional. Juga kapasitas dari anggota fraksi kita makin kuat,” pungkas Martin.(dis/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *