Martin Manurung Dorong Pelindo Tingkatkan Kualitas BUMN Pelabuhan

Martin Manurung Dorong Pelindo Tingkatkan Kualitas BUMN Pelabuhan

MEDAN (Kastanews.com): Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung, mendorong Pelindo melakukan kerja sama dengan berbagai mitra strategis mancanegara. Hal itu untuk meningkatkan pertumbuhan serta kualitas BUMN pelabuhan itu, sehingga mampu bersaing dengan berbagai negara.

“Kami ke sini terkait rencana kerja sama Pelindo dengan mitra strategis dari Dubai untuk pengembangan Pelabuhan Belawan. Dikerjakan mulai bulan November. Mau kita cek berbagai persiapannya di Pelabuhan Belawan ini agar nantinya dapat membuat Pelindo semakin kuat dan mampu bersaing dengan negara lain,” ujar Martin saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI ke Medan, Sumatra Utara, Senin (28/8).

Legislator Partai NasDem itu juga menekankan pentingnya kerja sama dan sinergitas antarpelabuhan yang ada di seluruh Indonesia untuk membuat ekosistem yang kuat sehingga mampu menyaingi pelabuhan yang ada di beberapa negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

“Kalau kita ingin menyaingi Singapura dan Malaysia, maka sebenarnya kalau hanya mengandalkan Belawan itu tidak sanggup. Nah ini harus ada satu ekosistem. Apalagi sekarang Pelindo sudah merger, sehingga harusnya bisa lebih punya ruang dan kemampuan untuk membuat satu ekosistem, khususnya di Selat Malaka ini,” tegasnya.

Wakil rakyat dari Dapil Sumatra Utara II (Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Tapanuli Selatan, Kota Padang Sidempuan, Mandailing Natal, Kota Gunungsitoli, Kota Sibolga, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba, Nias Selatan, Samosir, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Nias, Nias Selatan, Nias Utara, dan Nias Barat) itu juga menyakini ke depan Pelindo akan semakin baik. Merger yang dilakukan Pelindo telah meningkatkan kinerja perusahaan.

“Dengan merger Pelindo mengalami berbagai peningkatan. Dari sisi holding progres serta sisi kinerja yang meningkat. Ini nantinya akan menjadikan Pelindo semakin kuat sehingga mampu bersaing dengan negara lain,” pungkasnya. (dpr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *