Komisi III DPR Sepakati Tujuh Calon Hakim Agung

Komisi III DPR Sepakati Tujuh Calon Hakim Agung

Kastanews.id, Jakarta (21/9) : Komisi III DPR RI menyepakati usulan tujuh calon Hakim Agung dan selanjutnya akan disampaikan pada Rapat Paripurna DPR RI.

Ketua Komisi III DPR RI, Herman Herry menyebutkan, keputusan tujuh nama calon Hakim Agung itu telah disepakati seluruh fraksi yang ada di Komisi III.

“Tentunya setiap fraksi memiliki penilaian sendiri dalam menilai setiap calon. Tetapi, kami telah sepakat dalam proses ini kami berfokus pada tiga aspek, yaitu Pemahaman Calon terhadap tugas dan fungsi sebagai Hakim Agung, Integritas Calon, dan Rekam Jejak,” ujar Herman, Selasa (21/9).

Komisi III, kata Herman telah menjalankan proses pemilihan calon Hakim Agung secara profesional dan transparan. Tujuannya agar para calon Hakim Agung terpilih memiliki kredibilitas dan integritas.

“Seperti bisa kita pantau bersama, Komisi III telah melaksanakan proses fit and proper test secara transparan dan bisa disaksikan oleh seluruh rakyat Indonesia,” tambah Herman.

Legislator dari PDI Perjuangan ini berharap calon Hakim Agung yang dipilih dapat menjalankan tugas dengan baik dan menjunjung tinggi rasa keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Komisi III mengucapkan selamat bekerja kepada para Yang Mulia Hakim Agung yang terpilih. Sebagai Hakim tertinggi, semoga selalu menjadi benteng dalam menjaga aspirasi keadilan seluruh masyarakat Indonesia,” jelas Herman.

Diketahui, Komisi III DPR RI telah selesai melaksanakan rapat pleno pengambilan keputusan menetapkan tujuh calon Hakim Agung pagi ini. 11 calon Hakim Agung telah melaksanakan uji kelayakan pada 20-21 September 2021.

Berikut tujuh calon Hakim Agung yang disepakati pada Tingkat I di Komisi III:

1. H. Dwiarso Budi Santiarto, S.H., M.Hum. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

2. Jupriyadi, S.H., M.Hum. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

3. Dr. Prim Haryadi, S.H., M.H (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

4. Suharto, S.H., M.Hum. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

5. Yohanes Priyana, S.H., M.H. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

6. Dr. H. Haswandir, S.H., M.Hum., M.M. Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Perdata)

7. Brigjen TNI Dr. Tama Ulinta Br Tarigan, S.H., M.Kn. (Sebagai Calon Hakim Kamar Militer)

(Rian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *