Kawal Panen Raya di Jateng, Mentan Pastikan Stok Beras Aman

Kawal Panen Raya di Jateng, Mentan Pastikan Stok Beras Aman

SEMARANG (Kastanews.com)- Menteri Pertanian (Mentan) yang juga Wakil Ketua Dewan Pakar Pusat Partai NasDem, Syahrul Yasin Limpo (SYL) ikut mengawal langsung panen raya padi di Dusun Boto, Desa Krasak, Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Senin (27/2).
SYL memastikan panen raya yang berlangsung pada Februari-Maret di wilayah Jateng khususnya di Kabupaten Semarang dengan produktivitas panen mencapai 6-7 ton per hektare dari tiap hektare sawah di lahan seluas 3.689 hektare. Dengan hasil tersebut Kabupaten Semarang menjadi salah satu daerah penyumbang terbesar stok beras nasional.
Mentan kelahiran Makassar, 16 Maret 1955 itu pun memastikan ketersediaan beras menjelang Ramadan dan Idul Fitri.
Dalam kesempatan panen raya bersama Kelompok Tani Pangudi Tani itu tampak SYL secara langsung ikut memanen padi menggunakan mesin panen modern Combine Harvester didampingi sejumlah tokoh seperti Bupati Semarang Ngesti Nugraha.
Melihat melimpahnya hasil panen disejumlah daerah, Menteri Yasin Limpo pun memastikan stok beras jelang Ramadan dan Idulfitri secara nasional aman.
“Kita berharap memang Semarang bisa over produksi dan bisa membantu tidak hanya wilayah Jawa Tengah tetapi tentu untuk kepentingan nasional secara keseluruhan,” kata Mentan SYL.
Mentan pun berpesan agar petani dan pemerintah daerah bisa menjaga kestabilan hasil panen serta mempersiapkan penggunaan gilingan padi agar hasilnya bisa makin maksimal.
“Saya kira insyaallah sesuai arahan Bapak Presiden, Ramadhan dan Idul Fitri beras kita panen dan pangan kita tersedia,” tandas dia. (wayram/rls/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *