Kapolri Gelar TFG Matangkan Pengamanan KTT G20 di Bali

Kapolri Gelar TFG Matangkan Pengamanan KTT G20 di Bali

JAKARTA (Kastanews.com)- Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pihaknya terus mematangkan persiapan pengamanan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November mendatang di Bali. Kali ini, pihaknya kembali menggelar tactical floor game (TFG) di command center Polda Bali.

Kapolri menegaskan, pelaksanaan TFG kali ini sama seperti TFG yang digelar bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa pada Rabu 9 November 2022. “Ini hanya untuk memperjelas tugas yang dilaksanakan di ring 1, 2 dan 3 sehingga semuanya menjadi satu kesatuan yang terintegrasi,” kata Kapolri, Kamis (10/11/2022).

Dalam proses pengamanan KTT G20, mantan Kabareskrim Polri ini menuturkan, adanya pemanfaatan teknologi yang memang terintegrasi dari berbagai Kementerian termasuk Dukcapil dan Imigrasi. Hal ini dilakukan untuk melaksanakan deteksi awal terkait dengan pengawasan daftar-daftar orang dicurigai, DPO dan catatan Densus 88 Antiteror Polri.

“Semuanya kita pantau sehingga pada saat awal masuk. Apakah melalui bandara, pelabuhan semuanya bisa termonitor,” tuturnya.

Mantan Kapolda Banten ini mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan simulasi khususnya pada saat rute delegasi melintas di mana jika ada kendala, maka sudah tahu langkah yang dilakukan. Lebih jauh pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemda agar jalur utama diprioritaskan untuk para delegasi dan tamu VVIP melintas. Adapun masyarakat nantinya akan ada pengalihan ke jalur alternatif.(rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *