Jokowi Siapkan Skema Transisi Pandemi menjadi Endemi Covid-19

Jokowi Siapkan Skema Transisi Pandemi menjadi Endemi Covid-19

JAKARTA, 10 September 2021 : Presiden Joko Widodo tengah mempersiapkan transisi pandemi covid-19 menjadi endemi dan mulai belajar hidup berdampingan dengan covid-19.

“Kita tahu Covid-19 ini tidak mungkin akan hilang. Oleh sebab itu kita harus mulai menyiapkan transisi dari pandemi ke endemi dan juga mulai belajar hidup bersama dengan Covid-19,” ujar Jokowi, Jumat (10/9/2021).

Namun, Jokowi meminta masyarakat untuk tetap waspada dan tetap menjaga protokol kesehatan sekalipun penularan covid-19 di Indonesia sudah mencatatkan penurunan.

“Ini penting saya sampaikan agar kita tidak euforia yang berlebihan, senang-senang yang berlebihan karena kita masyarakat harus sadar bahwa Covid-19 selalu mengintip kita, sehingga protokol kesehatan harus terus dilakukan terutama memakai masker,” tambah Jokowi.

Lebih lanjutnya, Jokowi akan meningkatkan dan memperluas cakupan vaksinasi serta mengajak masyarakat turut menyukseskan program vaksinasi demi tercapainya herd immunity.

“Upaya perluasan vaksinasi yang kita lakukan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 terutama varian Delta,” jelas Jokowi.

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan bahwa pandemi virus corona berubah menjadi endemi ketika penularan virus masih terjadi, tetapi situasi sudah lebih terkendali.

“Endemi dapat digambarkan sebagai sebuah situasi di mana kondisi kasus lebih terkendali. Namun, bukan berarti virusnya hilang sepenuhnya,” ungkap Wiku dalam konferensi pers daring, Kamis (19/8), kemarin.

Ada sejumlah hal yang mengindikasikan bahwa pandemi bertransisi menjadi endemi. Misalnya, meningkatnya kekebalan masyarakat terhadap virus. Kemudian, menurunnya angka infeksi alamiah sehingga jumlah pasien yang dirawat dan angka kematian akibat virus menurun.

Wiku mengatakan, upaya-upaya penanganan virus corona yang dilakukan pemerintah bertujuan untuk mengubah pandemi menjadi endemi. Upaya tersebut mulai dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), 3M, 3T (testing, tracing, treatment), hingga vaksinasi. (Rian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *