Fadholi Pesan Bendungan Cipanas Harus Bermanfaat bagi Masyarakat

Fadholi Pesan Bendungan Cipanas Harus Bermanfaat bagi Masyarakat

SUMEDANG (Kastanews.com): Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Fadholi menekankan bahwa Bendungan Cipanas di Sumedang, Jawa Barat, harus dapat memberikan manfaat luas bagi masyarakat. Untuk itu, ia berpesan agar proyek pembangunan bendungan tersebut dapat dirancang dengan baik.

Fadholi berharap, manfaat dari bendungan seperti untuk saluran irigasi dapat dianalisis secara terukur.

“Sebab bendungan itu dapat memberikan manfaat untuk aliran irigasi dan sekitarnya hingga sembilan ribu hektare,” ujar Fadholi saat Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI di Sumedang, Jawa Barat, Jumat (9/9).

Bendungan Cipanas diproyeksikan akan menopang kebutuhan air bagi irigasi pertanian di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Indramayu seluas 9.273 hektare. Bendungan juga direncanakan memiliki volume total 250,81 juta meter kubik.

Mengenai besaran volume tersebut, Fadholi memberikan catatan agar debit air dihitung dengan studi yang mumpuni dan disediakan manajemen yang baik. Hal itu agar tersedia air yang berkelanjutan bagi irigasi.

“Maka kami mintakan kepada Balai Wilayah Sungai (BWS) nantinya akan membuat satu pengelolaan dengan baik,” tandas Legislator NasDem dari Dapil Jawa Tengah I (Kabupaten Semarang, Kendal, Kota Salatiga, dan Kota Semarang) itu.

Fadholi menambahkan, Kementerian PUPR juga perlu memperhatikan kemanfaatan lain yang dapat diperoleh dari bendungan tersebut. Termasuk kemanfaatan potensi wisata dari bendungan.

Ia mengapresiasi ide tersebut yang tentunya bisa meramaikan wilayah di sekitar bendungan yang akan berefek kepada roda perekonomian masyarakat setempat. (dpr.go.id/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *