Bang Tyo Terus Dorong BUMN Berkontribusi Kembangkan UMKM

Bang Tyo Terus Dorong BUMN Berkontribusi Kembangkan UMKM

MUNTOK (KASTANEWS.COM)- BUMN sebagai agen pembangunan perlu terus berupaya mendukung pengembangan UMKM melalui berbagai inisiatif maupun sinergi dengan instansi/lembaga lain. Salah satu yang perlu digalakkan ialah melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN.
“TJSL BUMN bisa memberikan manfaat bagi pembangunan ekonomi, sosial, dan lingkungan serta pembangunan hukum dan tata kelola bagi perusahaan,” ujar Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Zuristyo Firmadata saat sosialisasi ‘Keberpihakan BUMN Dalam Mengembangkan UMKM Melalui Program TJSL’, Selasa (20/12).
Kegiatan yang terselenggara di Muntok, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung tersebut merupakan kerja sama Zuristyo dengan Kementerian BUMN, PT. Pertamina (Persero) dan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Daerah (LP2D).
Selain bermanfaat bagi UMKM dan masyarakat sekitar perusahaan, TJSL juga berkontribusi pada penciptaan nilai tambah bagi perusahaan dengan prinsip yang terintegrasi, terarah dan terukur dampaknya serta akuntabel.
“Yang terpenting, melalui TJSL bisa membina UMKM agar lebih tangguh dan mandiri,” tandasnya.
Berdasar hasil inventarisir belanja perusahaan-perusahaan BUMN, baik belanja modal maupun operasional, pada tahun 2019 tercatat Rp 32,5 triliun belanja pada sektor UMKM.
“Jumlah belanja BUMN pada UMKM masih bisa dioptimalkan. Ini bisa sangat membatu UMKM,” tukas Legislator dari Dapil Bangka Belitung itu.(rls/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *