200 Bacaleg Purnawirawan TNI Polri se-Jawa Ikuti Pendidikan Politik di ABN NasDem

200 Bacaleg Purnawirawan TNI Polri se-Jawa Ikuti Pendidikan Politik di ABN NasDem

JAKARTA (Kastanews.com)- Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem menggelar kegiatan Pendidikan Politik bagi ratusan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang berasal dari purnawirawan TNI Polri se-Jawa.
Kegiatan  berlangsung di Kampus ABN NasDem, Jakarta Selatan mulai Selasa (20/12) hingga Rabu (21/12) dan ditutup dengan kegiatan NasDem Tower Tour pada Kamis (22/12).
Kegiatan yang dilaksanakan berupa workshop secara aktif melibatkan peserta dalam seminar (kuliah umum), diskusi, dan simulasi dalam menyambut pesta demokrasi 2024 itu dibekali langsung oleh Komandan Kostranas, yang juga Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo (SYL).
Hadir pula memberikan pesan dan arahan Wakil Ketua MPR RI, yang juga Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem, Lestari Moerdijat, Gubernur Akademi Bela Negara (ABN) NasDem, IGK Manila dan Panitia Kostranas yang juga mantan Bupati Batang periode 2012-2017, Yoyok R Sudibyo.
Gubernur ABN, IGK Manila mengatakan kegiatan  pendidikan politik tersebut bertujuan untuk memfasilitasi pengembangan kemampuan kader partai NasDem yang berasal dari unsur Purnawirawan TNI/POLRI dengan harapan menjadi kader yang militan, cerdas, dan terampil dalam kerja-kerja partai, politik, dan pemenangan partai NasDem.
“Mereka akan diberikan ilmu-ilmu tentang politik untuk memenangkan diri mereka menghadapi pesta demokrasi 2024 kita persiapkan narasumber dan fasilitator yang sesuai dengan bidangnya,” kata IGK Manila.
IGK Manila menuturkan para peserta yang berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta itu akan mendapatkan narasumber pendidik yang berasal dari unsur Dewan Pimpinan Daerah (DPP) Partai NasDem, Akademi Bela Negara, dan Kostranas.
“Para peserta kegiatan terdiri dari BACALEG purnawirawan TNI/POLRI kader partai NasDem yang berdomisili diseluruh pulau Jawa. Materi kegiatan yang berlangsung selama dua hari dimulai dengan berbagai pemahaman keNasDeman sampai dengan pengenalan Calon Presiden Partai NasDem 2024 nanti,” tambah dia.
Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem, Lestari Moerdijat menandaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan sebuah ikhtiar untuk melanjutkan dan memberikan yang terbaik bagi Bangsa Indonesia. Menurut dia dalam berbuat sesuatu dapat dimulai dari diri sendiri.
“Hari ini adalah bersejarah di ABN, kita menerima kehadiran para purnawirawan untuk melayarkan langkah NasDem di 2024,” kata Lestari Moerdijat yang juga Ketua DPW NasDem Jateng itu.
Sementara itu, Panitia Kostranas, Yoyok R Sudibyo mengatakan pasca pensiun dari tugas sebagai aparat keamanan para purnawirawan memiliki kesempatan untuk terus mengabdi dan memeberikan arti kehadirannya di masyarakat sebagai tokoh yang mampu menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang ada salah salah satunya melalui jalur legislatif.
Embrio itu lanjut dia telah banyak tumbuh dan berhasil melaju ke parlemen usai melanjutkan pengabdian pasca purna tugas di instansinya.
“Teman-teman purnawiran ini sudah terbentuk hampir di seluruh kota kabupaten itu ada bakal caleg dari purnawirawan yang membantu NasDem berjuang bersama NasDem untuk bisa menjadi anggota-anggota legislatif di daerah masing-masing,” kata Yoyok.
Kegiatan Pendidikan Poltik tersebut nantinya akan ditutup langsung oleh Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali dan Bakal Calon Presiden 2024 yang diusung Partai NasDem, Anies Rasyid Baswedan. (WH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *