Zuristyo Gelar Sosialisasi Peningkatan Kualitas Produk Lokal

Zuristyo Gelar Sosialisasi Peningkatan Kualitas Produk Lokal

TANJUNG PANDAN (Kastanews.com)- Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Zuristyo Firmadata mengatakan, ketatnya persaingan perdagangan antarnegara menuntut para produsen dalam negeri untuk meningkatkan kualitas produksinya.
Salah satu upaya yang dapat membantu meningkatkan daya saing produsen lokal ialah dengan peningkatan standardisasi produk menggunakan metrologi (metode pengukuran). Hal ini akan memberikan dampak baik pada sistem perdagangan, membuka peluang ekspor, serta akan berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi.
“Persaingan antar negara yang semakin meningkat dalam era perdagangan bebas sekarang ini menuntut kualitas yang tinggi bagi produk-produk yang dipasarkan. Kualitas yang dapat diterima oleh pasar yaitu kualitas produk yang memenuhi regulasi dan standar internasional,” ujar Zuristyo dalam sosialisasi ‘Peran Metrologi dalam Pertumbuhan Ekonomi,’ di Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (9/11).
Kegiatan sosialisasi tersebut merupakan hasil kerja sama Zuristyo dengan Kementerian Perdagangan. Sebanyak 100 orang pelaku usaha dari berbagai penjuru Belitung hadir mengikuti sosialisasi tersebut.
Bang Tyo sapaan akrab Zuristyo mengatakan, metrologi dapat membantu pelaku usaha atau produsen dalam meningkatkan kualitas produk dengan cara menerapkan standarisasi hasil produksi.
“Meningkatkan kualitas hasil produksi perlu kiranya pemahaman, serta penggunaan metrologi yang bertujuan untuk penerapan standar hasil produksi yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memberikan jaminan dan perlindungan kepada konsumen,” tandasnya.
Bang Tyo pun mengajak peserta untuk bersama-sama meningkatkan kualitas hasil produksi demi mewujudkan percepatan pertumbuhan ekonomi.
“Saya mengajak seluruh pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas hasil produksi agar memenuhi standar internasional, dan dapat memenuhi kriteria ekspor. Dilain sisi, tentu perlu dukungan dari pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah, terkhusus kepada kementerian perdagangan,” tandasn Legislator dari Dapil Bangka Belitung itu.
Sebagai bentuk kepedulian pada pelaku usaha, acara sosialisasi serupa juga di gelar Zurisyo di Pasar Lipat, Kabupaten Belitung Timur, Kamis (10/11).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *