Wapres Targetkan Herd Immunity Tercapai Akhir Desember 2021

Wapres Targetkan Herd Immunity Tercapai Akhir Desember 2021

Kastanews.id, Jakarta (14/9) : Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin menargetkan Indonesia mencapai herd immunity atau kekebalan komunal pada Desember 2021.

Hal ini seiring dengan didorongnya percepatan program vaksinasi covid-19 di Indonesia.

Ma’ruf menyebut, vaksinasi menjadi kunci dalam upaya menurunkan level Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah daerah.

“Karena memang pemerintah ingin mempercepat proses vaksinasi terutama untuk yang pertama dan yang kedua untuk mengejar kekebalan kelompok karena kita ingin kalau bisa akhir 2021 Desember ini sudah semua tervaksin, sehingga kita bisa memperoleh herd immunity,” ujar Ma’ruf saat meninjau Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat dari Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), di The Media Hotel and Towers, Jakarta, Selasa (14/09).

Dalam kegiatan itu, Ma’ruf memberikan apresiasi kepada ILUNI UI yang menginisiasi upaya pemerintah dalam melakukan percepatan program vaksinasi.

Lebih lanjutnya, Ma’ruf menargetkan herd immunity yang diinginkan pemerintah dapat terwujud pada akhir 2021, maka perlu adanya upaya berbagai pihak supaya vaksinasi Covid-19 bisa dijalankan. Pemerintah dalam upayanya tersebut sampai mengerahkan TNI, Polri serta lembaga-lembaga lainnya.

“Tinggal kita benar-benar menjaga supaya imunitas masyarakat terjaga walaupun memang Covid-19 belum hilang sama sekali,” tambah Ma’ruf.

Vaksinasi Covid-19, kata Ma’ruf dapat menolong daerah untuk menurunkan levelnya dalam penerapan PPKM. Diketahui, untuk bisa turun ke level 2 PPKM, daerah minimal harus melakukan vaksinasi sampai 50 persen.

“Jadi vaksin ini salah satu penentu untuk turunnya level,” pungkas Ma’ruf (Rian).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *