Wapres Serukan Pentingnya Inovasi Pada Mahasiswa Baru UNISMA

Wapres Serukan Pentingnya Inovasi Pada Mahasiswa Baru UNISMA

JAKARTA, 6 September 2021 : Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyerukan pentingnya generasi muda menciptakan inovasi dan kompetitif dalam persaingan global.

Ma’ruf menyebut, kriteria pemuda yang unggul menurut pemerintah yakni sehat, cerdas, memiliki produktivitas tinggi, menghasilkan manfaat dan maslahat, memiliki semangat untuk berkompetisi, cinta tanah air, dan berakhlak mulia.

Hal ini disampaikan Ma’ruf dalam Orientasi Studi dan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (Oshika Maba) Tahun Akademik 2021/2022 Universitas Islam Malang (UNISMA), secara daring, Senin (6/9/2021).

“SDM unggul merupakan kunci untuk memenangkan persaingan global,” ujar Ma’ruf Amin.

Lebih lanjutnya, Ma’ruf berharap para mahasiswa baru dapat mewujudkan semangat tersebut. Ia berharap generasi muda memiliki keunggulan kompetitif secara global, tetapi tetap berpijak pada jati diri dan kearifan lokal.

“Kemajuan suatu bangsa ditentukan kualitas pendidikan SDM-nya. Pendidikan merupakan faktor terpenting dalam mewujudkan bangsa yang bermartabat,” tambah Ma’ruf.

Sesuai dengan data angkatan kerja Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2021, dari sekitar 137 juta pekerja hanya 13,3 juta orang atau 10 persen yang lulusan jenjang pendidikan tinggi.

Menurutnya, hal tersebut berkorelasi dengan kualitas, produktivitas serta daya saing Indonesia. Ma’ruf mengatakan, saat ini pemerintah menempatkan pembangunan SDM unggul sebagai prioritas nasional.

“Kriteria SDM unggul tersebut harus menjadi tagline nasionalisme para milenial yang akan membawa tongkat estafet kemajuan bangsa Indonesia,” pungkas Ma’ruf. (Rian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *