Wapres Dukung Sri Mulyani Copot Jabatan Ayah dari Tersangka Kasus Penganiayaan

Wapres Dukung Sri Mulyani Copot Jabatan Ayah dari Tersangka Kasus Penganiayaan

JAKARTA (Kastanews.com)- Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendukung langkah Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mencopot Rafael Alun Trisambodo (RAT) sebagai Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Selatan II. Rafael Alun merupakan ayah Mario Dandy Satrio (MDS), tersangka kasus penganiayaan David, putra pengurus GP Ansor.

“Saya kira tindakan Bu Menteri itu sudah benar, ya kalau ada pejabat yang memamerkan hidup hedonis itu perlu diingatkan ya,” kata Wapres di sela kunjungan kerja di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (24/2/2023).

Wapres menegaskan pencopotan pejabat Ditjen Pajak diharapkan bisa mengembalikan lagi kepercayaan masyarakat. Sebab, jangan sampai masyarakat sebagai pembayar pajak tidak percaya kepada Ditjen Pajak karena menganggap pajak digunakan hidup bermewah-mewah para pejabatanya.

“Saya kira pajak yang sudah dibayarkan oleh masyarakat, itu memang dimanfaatkan untuk pelayanan masyarakat, apa itu sekolah, jalan, infrastruktur, bansos, dan semua untuk kepentingan masyarakat. Dan ini kepercayaan masyarakat itu penting,” kata Wapres.

Karena itu, jika ada tindakan pejabat yang melanggar, maka pencopotan seperti yang dilakukan oleh Menkeu Sri Mulyani adalah langkah yang tepat. “Karena itu kalau ada (pejabat hedon) tindakan Bu Menteri tepat sekali,” katanya.

Untuk diketahui, Menkeu Sri Mulyani memutuskan memecat Rafael Alun Trisambodo dari jabatan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Selatan II. Keputusan tersebut didapatkan setelah dilakukan pemeriksaan oleh Inspektorat Jenderal Kemenkeu. “Mulai hari ini saudara RAT dicopot dari tugas dan jabatannya,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Jumat (24/2/2023).

Menurut Sri Mulyani pencopotan dari jabatan struktural telah sesuai dengan pasal 31 ayat 1 PP 94 tahun 2021 mengenai disiplin pegawai negeri sipil. Sri Mulyani juga mengecam keras tindakan keji dan penganiayaan yang dilakukan oleh anak dari pejabat pajak di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo, kepada putra salah satu anggota pengurus Gerakan Pemuda Anshor bernama David.

“Kami semuanya menyampaikan dan memanjatkan doa untuk saudara David. Mendoakan semoga saudara David dapat segera mendapatkan kesembuhan,” kata Sri Mulyani.(rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *