Surya Paloh Tegaskan Pemilu tidak Perlu Ditunda

Surya Paloh Tegaskan Pemilu tidak Perlu Ditunda

KASTANEWS.ID, JAKARTA: Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh berharap Pemilu 2024 tetap berjalan sesuai waktu yang ditentukan. Ia menilai pemilu tidak perlu ditunda sebagaimana usulan sejumlah politisi.

“Kalau ibarat kereta api, maka sudah tiup peluit dan jalan. Makanya harapan saya tentu kalau masalah penundaan ya jangan tertunda,” ujar Surya sebelum memimpin Rapat Koordinasi Pemenangan Pemilu 2024 di Surabaya, Jawa Timur, Senin (28/2).

Menurut Surya, penundaan pemilu dapat dilakukan jika dalam keadaan sangat terpaksa, seperti adanya perang, terjadi bencana alam atau hal-hal lain di luar kekuasaan normatif.

“Tapi, sepanjang berjalan baik, bahkan kepemimpinan sekarang berhasil mengatasi pandemi Covid-19 maka layak diapresiasi. Apalagi, sekarang sudah ada rencana besar yaitu terkait Ibu Kota Negara (IKN) yang sudah disepakati bersama dan telah melahirkan undang-undang. Kita harus dorong terus agar menuju ke arah lebih baik,” kata Surya Paloh.

Terterkait wacana perpanjangan masa jabatan Presiden menjadi tiga periode, Surya menegaskan tidak tertarik untuk membahasnya.

“Saya ingin menyampaikan bahwa NasDem tidak tertarik membahas masalah ini dan tidak perlu ditanggapi serius,” tuturnya.

Bagi NasDem, jelas Surya, harus bisa menempatkan kepentingan nasional dan bangsa, baik di atas kepentingan partai sendiri maupun dari siapa saja.

Usulan Pemilu 2024 diundur menjadi isu nasional setelah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyampaikannya beberapa waktu lalu. Kemudian, beberapa tokoh politik lainnya menyatakan dukungan. Salah satunya Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan. Kendati demikian juga tidak sedikit pihak yang menolak usulan tersebut dan berharap Pemilu Serentak tetap dilaksanakan pada 2024. (fnd/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *