Spirit Kebangsaan Mampu Kendalikan Pandemi

Spirit Kebangsaan Mampu Kendalikan Pandemi

KASTANEWS.ID, BANTUL: Pengendalian pandemi Covid-19 merupakan buah spirit kebangsaan. Selama masa pandemi seluruh elemen bangsa terlibat dalam gerakan gotong-royong. Berbagai aksi kemanusiaan lahir dari pengorbanan para tenaga medis, aksi para relawan Covid, TNI-Polri, Satgas Covid di tiap daerah hingga peran aktif masyarakat itu sendiri.

‘’Semangat kebersamaan tersebut mampu mengendalikan level pandemi hingga ke titik aman,’’ kata anggota MPR RI dari Fraksi NasDem, Subardi dalam sambutannya di acara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, di Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (16/11).

“Kita adalah bangsa yang hebat. Sejak dahulu Indonesia telah membuktikan mampu keluar dari masa-masa sulit, mulai dari zaman penjajahan, revolusi, reformasi, hingga pandemi saat ini. Kekuatan kita adalah spirit kebangsaan dan mental optimistis karena semua elemen bangsa terlibat,” kata Subardi.

Salah satu indikator penurunan level pandemi Covid 19 di Indonesia adalah positivity rate. Hal itu tercatat dari penurunan kasus selama 13 minggu berturut-turut sejak puncak gelombang kedua pada Juli 2021. Saat itu, data dari Satgas Covid-19 menunjukkan bulan Juni-Juli 2021 angka kematian meroket empat kali lipat menjadi rata-rata 714 kasus per hari. Serangan varian Delta pada bulan Juli juga memicu 1,2 juta kasus positif dengan 35 ribu kematian.

“Kita boleh saja menyebut bulan Juli atau puncak pandemi tahun ini adalah petaka. Tetapi kita juga patut bersyukur, program-program pengendalian Covid-19 berjalan efektif,” jelas Legislator NasDem itu.

Subardi mengakui tingkat kepatuhan masyarakat untuk bersama-sama keluar dari pandemi semakin baik. Ia merasakan sendiri semangat tersebut melalui program-program aspirasi di daerah pemilihannya di DIY, seperti vaksinasi, bantuan bahan pangan dan bantuan modal usaha. Rangkaian program tersebut mendapat antusiasme dari masyarakat luas.

“Yang paling penting masyarakat turut menyukseskan program tersebut. Solidaritas kita tinggi, masyarakat bisa saling jaga, saling peduli. Relawan Covid juga bergerak di mana-mana. Itu adalah wujud dari spirit kebangsaan. Bagi saya nilai-nilai terbaik dari ideologi kebangsaan adalah semua terlibat untuk kemanusiaan,” papar Ketua DPW NasDem DIY itu.

Dalam acara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika), Subardi juga mengingatkan potensi ledakan kasus Covid. Masyarakat diminta tidak lengah, terlebih di Yogyakarta akan kedatangan gelombang wisatawan di musim libur akhir tahun.(NK/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *