Sinergi Jasa Pelayaran, PT ASDP Gandeng Pelindo dan PT Pelni

Sinergi Jasa Pelayaran, PT ASDP Gandeng Pelindo dan PT Pelni

JAKARTA (Kastanews.com) – PT ASDP Indonesia Ferry menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) dan PT Pelni.

Kerja sama ini sebagai bentuk sinergi antar BUMN dan memberikan efisiensi dalam jasa pelayaran. “Hari ini kita bisa melakukan MoU yang memang kita upayakan dapat memberikan suatu improvement dalam pelayanan pada masyarakat. Kita tahu angkutan laut menjadi sangat penting dan selain angkutan logistik juga Angkutan penumpang menjadi penting karena negara kita adalah negara kepulauan,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Jumat (8/7/2022).

Menhub Budi menambahkan, selama ini kita memiliki beberapa BUMN dan menginginkan bahwa semakin hari pergerakan semakin efisien dan semakin memberikan satu nilai tambah bagi masyarakat, baik itu untuk digunakan angkutan penumpang maupun dalam angkutan barang.

“Pasti kita ingin adanya suatu kegiatan end to end yang baik, katakan kegiatan atau laut yang dilakukan oleh Pelni dari Surabaya sampai ke satu titik tertentu di Papua itu diturunkan oleh ASDP untuk ke tempat akhir atau juga di beberapa tempat,” tambahnya.

Menurut dia Pelindo memiliki pelabuhan-pelabuhan yang besar sampai dengan pelabuhan kecil sehingga bisa memberikan dukungan secara penuh kepada ASDP dan Pelni agar semua kegiatan-kegiatan yang ada berkaitan dengan supply chains serta logistik bisa berjalan dengan baik.

Sementara itu Direktur Utama PT ASDP, Ira Puspadewi menyampaikan terimakasih kepada Menhub karena telah menjadi inisiator dalam kolaborasi yang dilakukan. “Kami ingin pastikan bahwa biaya-biaya kami bisa dikeluarkan secara lebih efisien sehingga apa yang menjadi tanggungan pengguna jasa kemungkinan menjadi lebih ringan, pada ujungnya pengguna jasa akan mendapatkan pelayanan terbaik dengan harga yang makin terjangkau karena ada kolaborasi antara tiga BUMN ini,” pungkasnya.

Di sisi lain Direktur Utama PT Pelindo Arif Suhartono mengaku ini merupakan arahan yang sangat luar biasa yang ditindaklanjuti oleh ASDP, Pelni dan Pelindo. “Dengan kolaborasi ini, saya yakin akan bisa memberikan layanan yang lebih baik bagi masyarakat. Sekali lagi kami Pelindo sangat mendukung kolaborasi ini,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *