Saatnya Dorong Sektor UMKM dan Pertanian

Saatnya Dorong Sektor UMKM dan Pertanian

GORONTALO (Kastanews.com)- Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang), Rachmad Gobel mengatakan, saat ini adalah momen yang tepat untuk kebangkitan UMKM, setelah dua tahun didera pandemi Covid-19.
“Ini momentum yang sangat baik bagi UMKM. Mari kita kerja keras untuk bangkit. Momentum ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” kata Gobel dalam pembukaan Hulonthalo Art and Craft 2022 yang diselenggarakan Bank Indonesia di Gorontalo, Rabu (13/7).
Pada kesempatan itu hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti.
Gorontalo memiliki produk-produk unggulan seperti kain karawo, produk-produk olahan hasil pertanian, dan serta produk-produk hasil kelautan. Kontribusi pertanian terhadap ekonomi Gorontalo mencapai 40%. Adapun kontribusi UMKM terhadap ekonomi nasional mencapai lebih dari 60%.
Kebijakan Presiden Joko Widodo, kata Gobel, adalah membangun ekonomi dari pinggiran. Karena itu, momentum ini harus dimanfaatkan untuk mendorong sektor pertanian dan UMKM.
“Sebagai tulang punggung ekonomi nasional, UMKM merupakan kekuatan Indonesia,” katanya.
Selain itu, imbuh Legislator NasDem itu, negara juga memiliki kebijakan memberikan dana desa yang cukup besar.
“Jadi mari kita jadikan produk desa menjadi produk lokal, lalu produk lokal menjadi produk nasional, dan akhirnya produk nasional menjadi produk global,” ajaknya.
Gobel mengingatkan, walaupun kontribusi UMKM sangat besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), kontribusi UMKM terhadap total ekspor nasional justru relatif kecil dibandingkan dengan usaha besar. Hal ini berbeda dengan kondisi di sejumlah negara tetangga.
Di negara-negara itu, tambahnya, kontribusi UMKM terhadap PDB lebih kecil dibandingkan dengan UMKM di Indonesia, namun kontribusi ekspor UMKM di negara-negara itu lebih besar dibandingkan UMKM Indonesia.
“Ini menunjukkan UMKM Indonesia masih perlu dukungan semua pihak agar bisa berkompetisi di level internasional,” ujar Gobel.
Ia menambahkan, salah satu pintu untuk bisa menaikkan kontribusi ekspor UMKM adalah melalui digitalisasi.
“Digitaliasi merupakan suatu keharusan. Semua pihak harus bisa membangun ekosistem agar UMKM memiliki daya dukung yang berkelanjutan dan inklusif,” kata Legislator NasDem dari Dapil Gorontalo itu.
Gobel mengingatkan, dari segi jumlah unit UMKM dan juga dari segi serapan tenaga kerja, angkanya lebih dari 90%.
“Jadi penguatan dan pemajuan UMKM merupakan jalan untuk membangun daerah dan mengentaskan kemiskinan. Apalagi sektor UMKM banyak berkecimpung di sektor pangan. Saat ini pangan merupakan sektor yang makin strategis dan menyangkut ketahanan nasional,” pungkasnya. (Nasihin/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *