Rico Sia Serahkan 800 Kg Bibit Padi ke Kelompok Tani Sorong

Rico Sia Serahkan 800 Kg Bibit Padi ke Kelompok Tani Sorong

Kastanews.id, Sorong (19/9): Dua Kelompok tani, Sri Rahayu dan Kuncup Hijau di Katapop 1, Distrik Salawati, Kelurahan Majener, Kabupaten Sorong, Papua Barat menerima 400 kilogram benih padi varietas baru, berjenis Inpari Sidenuk, dari Rico Sia, Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi NasDem, pada Senin (13/9).

Bantuan yang disalurkan melalui tenaga ahli Rico Sia, Semarga Kebibe itu, akan dibagikan kepada masing-masing kelompok tani sebanyak 200 kilogram bibit.  Sedangkan 400Kg lainnya dikirim ke Kabupaten Wanokwari.

Bantuan yang merupakan program berkelanjutan dari program Diseminasi Teknologi Masyarakat dan Tepat Guna Kemenristek/BRIN melalui Komisi VII DPR-R ini diserahkan secara simbolis dengan dihadiri Sekretaris DPD Partai NasDem Kabupaten Sorong bersama anggota dan struktur partai.

Seusai menerima bantuan, Ketua Kelompok Tani Kuncup Hijau, Jumadi mengatakan dengan hamparan area seluas 35 hektar, kelompoknya bersama kelompok tani Sri Rahayu menanam padi sejak tahun 1985 yang merupakan warisan dari orang tua.

Dengan area yang begitu luas, sambung Jumadi, sejak lima tahun terakhir hasil panen mengalami penurunan kualitas. Hampir 60% petani mengalami gagal panen lantaran memakai merek benih padi yang sama alias tak pernah diganti.

“Sudah lima tahun ini kita memakai bibit padi yang sama. Jadi kualitas padi menurun karena aturannya dua kali panen dua kali ganti bibit, baru hasilnya bagus,” jelasnya.

Dengan adanya bantuan bibit baru itu, Jumadi berharap bisa membawa perubahan untuk petani Kuncup Hijau dan Sri Rahayu dalam mengatasi kendala yang ada terutama meningkatkan hasil panen yang melimpah.

“Terima kasih Bapak Rico Sia yang sudah memperhatikan kami para petani dengan memberikan bibit unggulan. Bantuan bapak sudah kami terima dan semoga hasilnya bagus, melimpah. Kami akan undang bapak untuk panen padi di sini jika sudah waktunya,” tutup dia. (Yudistira)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *