Rico Sia Komit Optimalisasikan Potensi UMKM Papua Barat Daya

Rico Sia Komit Optimalisasikan Potensi UMKM Papua Barat Daya

SORONG (Kastanews.com):  Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Rico Sia berkomitmen mengoptimalisasi potensi UMKM di Papua Barat Daya. Berbagai pelatihan, peningkatan kemampuan, dan bantuan permodalan pegiat UMKM terus digencarkan.

Rico bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyelenggarakan Pelatihan Aneka Olahan Pangan Sagu, di Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Rabu (26/7). Pelatihan diikuti pelaku UMKM di Sorong guna mengoptimalkan potensi dan memberi nilai tambah pada produk.

“Potensi yang banyak harus dibarengi dengan kapasitas masyarakat, supaya potensi yang ada bisa diolah sedemikian rupa agar bernilai ekonomi,” ujar Rico saat membuka acara pelatihan.

Rico menilai Papua Barat Daya mempunyai potensi besar dalam pengolahan makanan, terutama dengan bahan sagu dan ikan. Untuk itu, diperlukan program pemberdayaan bagi UMKM.

“Khusus olahan pangan sagu, kami bekerja sama dengan BRIN untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada seluruh masyarakat mengolah pangan sagu menjadi lebih maksimal dan memiliki nilai jual,” jelasnya.

Sedangkan untuk pelatihan pembuatan aneka olahan berbasis ikan, Rico menggandeng Balai Diklat Industri Makassar untuk memberikan pelatihan kepada 50 pelaku UMKM di Kabupaten Sorong pada 24-30 Juli 2023.

“Pelatihan adalah cara yang tepat supaya potensi yang ada bisa dimanfaatkan secara baik,” tandasnya.

Legislator NasDem dari Dapil Papua Barat itu berharap Pemkab Sorong dapat mendata seluruh UMKM sebagai basis data. Data yang akurat diperlukan untuk menyusun strategi dan peningkatan kapasitas UMKM.

“Sebagai anggota DPR RI saya berkomitmen mendukung UMKM, baik dalam bentuk pelatihan maupun bantuan modal agar mereka berdaya saing dan berkembang,” tukasnya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Sorong, Marthen Pajala menyebut pada 2023 jumlah UMKM mencapai 6.375 unit usaha. Ia mengapresiasi Rico Sia yang telah ikut serta memperjuangkan kemajuan UMKM di Sorong.

“Saya atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi kepada Komisi VII DPR RI yang telah memberikan perhatian kepada UMKM Kabupaten Sorong melalui berbagai pelatihan,” ujarnya.(rls/sonia/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *