Rico Sia Dorong Papua Barat Daya Ikuti Pilkada 2024

Rico Sia Dorong Papua Barat Daya Ikuti Pilkada 2024

JAKARTA (Kastanews.com): Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI dari Dapil Papua Barat, Rico Sia meminta Komisi II DPR dan Pemerintah bersinergi memperjuangkan agar Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua Barat Daya bisa mengikuti gelaran Pilkada serentak Tahun 2024. Kini, daerah pemekaran dari Provinsi Papua Barat tersebut sedang berproses di parlemen.

“Cuma satu saja permintaan dari Dapil kami, Papua Barat, khususnya kepada teman-teman Komisi II DPR dan Pemerintah. Harapan besar ini merupakan dorongan dari DPR untuk dibahas bersama Pemerintah, agar betul-betul memperjuangkan. Kalau bisa Papua Barat Daya bisa ikut Pilkada 2024,” ujar Rico yang kini di BKO (Bawah Kendali Operasi) ke Komisi II DPR, dalam Rapat Kerja Komisi II DPR dengan Mendagri Tito Karnavian, Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, dan Ketua DKPP Muhammad, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/8).

Rico mengatakan, kendala yang sempat muncul untuk Pilkada Papua Barat Daya ialah terkait ketersediaan anggaran. Menurutnya, Kementerian Keuangan sudah mengonfirmasi bahwa dana untuk Pilkada di Papua Barat Daya pada Tahun 2024 tersedia.

“Kepada Pak Menteri dan para penyelenggara Pemilu agar kalau boleh, saya yakin simulasinya sama dengan apa yang di Papua. Kalau terkait anggaran, kami dengar dari Kemenkeu, dana itu ada. Kemarin kan kekhawatirannya kendala dana, nah sekarang kami dengar dananya ada,” imbuhnya.

Legislator Partai NasDem ini pun berharap dukungan dari seluruh elemen, termasuk Mendagri Tito Karnavian agar Pilkada Papua Barat Daya pada Tahun 2024 bisa terwujud.

“Jadi mudah-mudahan Pak Menteri (Tito Karnavian), atau kalau di Papua disebut Kakak Besar, harapan itu juga ada di Kakak untuk memerjuangkan itu di Tahun 2024. Jadi sinergitas Pemerintah dan Komisi II ini benar-benar mewujudkan impian dari kami di Papua Barat, yang akan menjadi Papua Barat Daya,” pungkasnya.(sonia/dis/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *