Presiden Jokowi Resmikan Rusun dan Kios Pasar Rumput Jaksel

Presiden Jokowi Resmikan Rusun dan Kios Pasar Rumput Jaksel

Kastanews.id, Jakarta (20/9): Presiden Joko Widodo meresmikan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput yang dilengkapi kios pasar, fasilitas umum dan sosial, Jakarta Selatan, Senin (20/9).

“Alhamdulillah rumah susun Pasar Rumput yang dilengkapi dengan kios pasar, fasilitas umum, dan fasilitas sosial, dan parkiran yang dibangun sejak tahun 2016, hari ini sudah selesai dan siap untuk difungsikan,” ujar Jokowi.

Jokowi menambahkan, rusun yang dibangun dengan biaya Rp970 miliar menggunakan konsep mixed used development.

Sebab, menurut Jokowi, rusun tersebut tak hanya sebagai hunian, namun dibangun di atas pasar dengan ratusan kios dan fasilitas sosial dan fasilitas umum yang lengkap.

“Menjadi istimewa karena dibangun dengan konsep mixed used development yaitu tidak hanya Rusun yang berfungsi sebagai hunian berupa 1.984 unit tipe 36 yang ada di lantai 4 sampai lantai 25. Tetapi juga rusun ini dibangun di atas pasar dengan ratusan kios pasar dan los di lantai 1 dan lantai 2, serta fasilitas sosial dan fasilitas umum yang lengkap,” tambah Mantan Gubernur DKI Jakarta.

Lebih lanjutnya, Jokowi menyebut keberadaan pasar dengan fasilitas sosial dan fasilitas umum yang lengkap, memberikan kemudahan bagi para penghuni untuk melakukan aktivitas ekonomi. Yakni seperti berdagang dan menjalankan kegiatan ekonomi lainnya.

“Rusun Pasar Rumput ini juga istimewa karena juga didukung oleh jalur transportasi yang sangat baik terintegrasi dengan busway dan interkoneksi timur selatan menuju Dukuh Atas, memudahkan penghuninya untuk melakukan mobilitas,” tutur Jokowi.

Dengan beroperasinya Rusun Pasar Rumput, harap Jokowi dapat membantu masyarakat untuk memiliki hunian yang layak dan nyaman dengan lokasi strategis untuk melakukan kegiatan ekonomi.

“Saya juga senang mendengar bahwa rusun ini juga nantinya bisa menampung masyarakat dari sisi Sungai Ciliwung yang terdampak program normalisasi sungai bagi penanganan banjir,” kata dia.

Disisi lain, Jokowi mengatakan keberadaan rusun dapat meringankan beban masyarakat untuk mendapatkan hunian yang nyaman dan terjangkau.

“Keberadaan rusun ini semoga dapat meringankan beban masyarakat khususnya berkaitan dengan penyediaan hunian yang nyaman dan terjangkau dan membantu fasilitasi kegiatan produktif masyarakat kita,” katanya. (Rian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *