Pemprov DKI Alokasikan Rp16,8 Miliar untuk Pengadaan Mobil Dinas Listrik

Pemprov DKI Alokasikan Rp16,8 Miliar untuk Pengadaan Mobil Dinas Listrik

JAKARTA (Kastanews.com)- Pemprov DKI Jakarta mengalokasikan Rp16,8 miliar untuk pengadaan mobil dinas berbasis listrik pada tahun 2023. Sebanyak 21 mobil dinas listrik akan dibagikan kepada Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan jajarannya.

Kepala Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta M Reza Pahlevi mengatakan, anggaran satu mobil dinas listrik sebesar Rp800 juta. Dia menilai anggaran tersebut terlalu besar ditambah adanya program prioritas mulai dari penanganan masalah banjir hingga kemacetan.

Mobil dinas listrik diperuntukkan bagi Heru Budi hingga jajaran di Pemprov DKI. Namun, pengadaan tersebut masih menunggu Peraturan Kepala Daerah (Perkada) yang nantinya diteruskan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Kurang lebih direncanakan 21 unit. Pak Pj Gubernur ada, tinggal nunggu Perkada. Untuk Asisten Sekda, Sekda, Inspektorat, Bappeda, dan lainnya,” ujar Reza, Senin (20/2/2023).

“(Pengadaan) 2023. Cuma kan nunggu Perkada. Pergubnya. Ini harus dibawa ke Kemendagri juga,” tambahnya.

Sebelumnya, Heru Budi mengatakan bakal memasifkan peralihan kendaraan berbasis listrik dimulai dari sepeda motor. “Kemarin sudah didukung Kementerian Perhubungan dan ESDM,” ucapnya di Jakarta Selatan, Jumat (25/11/2022).

Untuk pergantian kendaraan dinas Pemprov DKI berbasis listrik akan dimulai secara bertahap pada tahun 2023. Hal itu sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang resmi meneken Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas operasional pemerintah pusat dan daerah.(rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *