Pelaku Usaha di DIY Difasilitasi Urus NIB

Pelaku Usaha di DIY Difasilitasi Urus NIB

SLEMAN (Kastanews.com)- Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Subardi bekerja sama dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggelar sosialisasi pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB).
Dalam agenda ini, para pelaku usaha di DI Yogyakarta juga difasilitasi pendaftaran izin usaha. “Para pelaku usaha kita bantu sampai dapat izin usaha. NIB merupakan langkah awal UMKM agar naik kelas,” kata Subardi di Hotel kawasan Seturan, Sleman, DIY, Senin (29/8).
Wakil Rakyat dari Dapil Yogyakarta itu mengatakan, izin usaha akan memberikan kepastian hukum dan menjadi sarana pemberdayaan bagi pelaku usaha atau UMKM. Ia mengakui selama ini banyak pelaku usaha yang kesulitan mendaftarkan usahanya karena tidak sempat atau merasa tidak tahu, meskipun prosesnya bisa melalui Online Single Submission (OSS).
“Disini kita bantu urus sampai dapat NIB. Kalau sudah punya izin, itu lebih mudah berkembang seperti ikut pameran kemana-mana. Mau kerja sama legalitasnya sudah ada. Kita ingin pelaku usaha lebih maju,” ungkap Mbah Bardi, sapaan akrabnya.
Subardi akan terus mendorong kemajuan kelompok UMKM melalui berbagai program aspirasi yang dimiliknya. Tak hanya pendampingan mengurus izin usaha, sejauh ini programnya adalah bantuan akses modal usaha dan pelatihan digital marketing.
“Selain pendaftaran NIB, ada juga program bantuan modal usaha melalui KUR, Permodalan Nasional Madani untuk kelompok ibu-ibu, serta pelatihan digital marketing agar produknya bersaing di pasar online,” tambah Subardi.
Sementara Noorfuad Fitrianto selaku perwakilan dari Kementerian Investasi mengatakan, Provinsi Yogyakarta merupakan daerah yang memiliki puluhan ribu pelaku ekonomi kreatif. Apabila seluruh pelaku usaha di DIY memiliki izin usaha, ia yakin Jogja akan menjadi barometer UMKM di Indonesia.
“Provinsi Jogja gudangnya ekonomi kreatif, sangat disayangkan ketika tidak memiliki izin usaha. Kalau semuanya sudah punya izin, saya yakin Jogja jadi barometer. Apalagi saat ini pembuatannya mudah. Cukup daftar online di OSS,” kata Noorfuad selaku Direktur Perencanaan Jasa dan Kawasan, Kementerian Investasi.
Dalam acara ini hadir Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY, Agus Priyono, dan Anggota DPRD DIY F-NasDem, Widi Sutikno. Sebanyak 50 kelompok usaha difasilitasi NIB. Selanjutnya mereka akan membawa kelompok usaha lainnya untuk mendapat fasilitas perizinan usaha.(rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.