Orangtua Diimbau Utamakan Anak daripada Bermedsos

Orangtua Diimbau Utamakan Anak daripada Bermedsos

JAKARTA (Kastanews.com)- Ratusan anak memperlihatkan keceriaannya setelah mengikuti kontes Osseda Got Talent yang diselenggarakan oleh Koperasi Osseda Faolala Perempuan Nias pada puncak perayaan Hari Anak Nasional (HAN) di Hall Training Centre Osseda – Lotu Nias Utara, Sabtu (30/07).
Keceriaan tersebut, terpancar ketika seluruh peserta contest Osseda Got Talent diberikan kesempatan untuk menampilkan bakat dan kempuan mereka masing-masing. Terpantau ada beberapa anak yang menampilkan keterampilan menari, menyanyi, dance dan ada juga yang memperagakan jurus Kungfu nya.
Sementara itu, pada perayaan Hari Anak Nasional tahun 2022 ini, Koperasi Osseda juga telah menggelar kontes foto dan video like terbanyak melalui akun media sosial Koperasi Osseda sebagai kegiatan pra puncak perayaan HAN. Kedua jenis kontest tersebut dibagi dalam dua kategori pemenang, yakni kategori anak TK/SD dan kategori SMP/SMA/SMK.
Dalam sambutannya General Manager Koperasi Osseda Amani Lahagu, menyampaikan bahwa kegiatan Osseda Got Talent tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap anak untuk berekspresi mengembangkan bakat dan kemampuan yang dimiliki.
“Kita sengaja memberikan mereka peluang dan panggung untuk terampil, belajar mengembangkan diri, dan itu semua adalah hak mereka sebagai anak-anak kita generasi penerus bangsa ini kedepan,” ujarnya.
Ia juga menambahkan, agar pemerintah daerah terus memberikan peluang dan ruang bagi anak-anak untuk dapat mengambil bagian dalam upaya peningkatan keterampilan anak. “Anak yang memiliki bakat sekalipun tidak aka nada artinya apabila tidak difasilitasi dengan memberikan mereka ruang dan kesempatan untuk menunjukan dirinya,” harap Amani Lahagu.
Selanjutnya Amani juga menyayangkan kepedulian orangtua terhadap anak yang kian menyurut akhir-akhir ini. Orangtua lebih banyak memberikan waktu bermedia sosial daripada melatih dan menggali potensi anak. Amani berharap, melalui peringatan Hari Anak Nasional tahun ini, para orangtua akan tersadar dengan peran dan tanggung jawabnya terhadap anak dan menyediakan waktu yang cukup bagi anak daripada bermedsos.
Ia juga menjelaskan bahwa anak memiliki banyak hak yang harus diperhatikan oleh orangtua. “Orangtua anak diharapkan memiliki kesadaran bahwa anak-anak memiliki hak yang terdiri hak atas hidup, hak bertumbuh dan berkembang, hak berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta hak untuk mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Orangtua harus menjamin hak-hak ini atas diri setiap anak.” cetusnya.(js)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *