NasDem Ngotot Subsidi Mobil Listrik Lebih Baik Dialihkan ke Sektor Produktif

NasDem Ngotot Subsidi Mobil Listrik Lebih Baik Dialihkan ke Sektor Produktif

JAKARTA (Kastanews.com): Fraksi Partai NasDem memandang bahwa anggaran untuk subsidi mobil listrik lebih baik dialihkan ke sektor-sektor produktif yang langsung berhubungan dengan hajat hidup orang banyak.

“NasDem memandang bahwa anggaran tersebut lebih baik disalurkan ke sektor produktif seperti pertanian yang selama ini menyerap banyak tenaga kerja, di mana pertumbuhan terus menurun dari tahun-ketahun,” kata anggota Badan Anggaran DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Charles Meikyansah, saat membacakan pendapat mini Fraksi NasDem pada pembicaraan tingkat I RUU tentang APBN 2024, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/9).

Fraksi Partai NasDem juga memandang bahwa penurunan kontribusi sektor industri pengolahan harus menjadi perhatian serius dari pemerintah.

“Oleh karena itu, pemerintah dalam RAPBN 2024 diharapkan mendorong agroindustri dengan memberikan porsi yang lebih besar pada proses hilirisasi sektor pangan,” ujar Charles.

Menurut Charles, NasDem juga mengharapkan pemerintah proaktif dalam mengatasi fenomena informalisasi tenaga kerja, terutama dalam kaitan dengan upaya mengurangi kemiskinan.

BPS dalam laporannya hingga Februari 2023, mengungkap mayoritas tenaga kerja Indonesia bekerja di sektor informal yang jumlahnya mencapai 60,12%, sementara sisanya sebanyak 39,88% bekerja di sektor formal.

“Pemerintah perlu melakukan validasi dan pemutakhiran data terpadu kesejahteraan sosial secara berkelanjutan untuk menjamin ketepatan sasaran berbagai program perlindungan sosial bagi masyarakat miskin dan rentan,” tutur Charles. (fnd/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *