NasDem Dukung Pedamaian Dunia Melalui Dialog dan Diplomasi

NasDem Dukung Pedamaian Dunia Melalui Dialog dan Diplomasi

JAKARTA (Kastanews.com)- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menyampaikan dukungannya terhadap kedaulatan Ukraina. NasDem kemudian mendorong agar perdamaian dunia selalu dikedepankan melalui dialog dan diplomasi.
Demikian disampaikan Sekjen Partai NasDem, Johnny G. Plate usai menerima kunjungan persahabatan delegasi Parlemen Republik Ukraina bersama Duta Besar Ukraina untuk Republik Indonesia, di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Jumat (7/10).
“Kita mendukung perjuangan agar pedamaian dunia selalu dikedepankan melalui dialog dan diplomasi,” kata Johnny.
Hadir dalam pertemuan tersebut, Wakil Ketua Parlemen Ukraina, Olena Kondratiuk bersama Ketua Komite Kebijakan Luar Negeri dan Kerja Sama Antarparlemen, Oleksandr Merezhko.
Kedatangan delegasi parlemen Ukraina tersebut berlangsung usai gelaran 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20). Kunjungan persahabatan tersebut disambut Ketua Bidang Hubungan Internasional DPP NasDem Martin Manurung, Sekretaris Bidang Hubungan Internasional DPP NasDem Sondang Tampubolon serta sejumlah pengurus DPP NasDem.
Johnny menegaskan NasDem mendukung penuh perdamaian dunia agar seluruh pertengkaran, perperangan, dan ketidakstabilan yang terjadi di Ukraina dapat segera selesai sehingga masyarakat dan pemerintah Ukraina bisa membangun negaranya.
“Pada prinsipnya pertemuan ini untuk membangun relasi dan hubungan yang lebih dekat antara Indonesia dan Ukraina antara Partai NasDem dengan rekan-rekan partai yang saat ini sudah bersatu di Ukraina,” kata Johnny.
Pada kesempatan tersebut Johnny juga menyampaikan dukungan partainya dengan mendorong kerjasama-kerjasama bilateral antara Indonesia dan Ukraina di berbagai sektor seperti industri, perdagangan, hingga investasi.
Masih kata Johnny, NasDem memiliki Badan Rescue NasDem yang didorong agar dapat mengambil bagian kecil sekalipun dalam pemulihan masyarakat Ukraina.
“Kami juga akan mencari berbagai jalan untuk berpihak kepada kepentingan rakyat Ukraina sebagaimana apa yang telah dicontohkan Bapak Presiden (Jokowi) memberikan atau mendorong bantuan humanitarian agar rakyat Ukraina yang sedang kesulitan saat ini dapat terbantu,” tambah dia.
Sementara itu Wakil Ketua Verkhovna Rada Ukraina (Parlemen Ukraina) Olena Kondratiuk menyampaikan rasa terimakasihnya dari rakyat, parlemen, hingga Presiden Ukraina kepada masyarakat dan Pemerintah Indonesia atas dukungan kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina.
Olena menambahkan pertemuan dengan NasDem juga turut membahas berbagai bidang untuk kerjasama antara Ukraina dan Indonesia baik antar partai dan antar parlemen. Pihaknya melihat kerjasama di antara kedua pihak bisa berkembang ke depannya.
“Kami tertarik untuk mendalami kerjasama terutama di bidang perdagangan, ekonomi, maupun sosial, edukasi dan pertukaran mahasiswa. Kami juga bertukar pendapat untuk kerjasama di bidang informasi melawan disinformasi dan keamanan informasi,” kata dia.
Hadir pula dalam pertemuan persahabatan tersebut Duta Besar Republik Ukraina untuk Republik Indonesia, H.E. Dr. Vasyl Hamianin.
Delegasi Parlemen Ukraina tiba di NasDem Tower sekitar pukul 15:00 WIB. Rombongan juga berkesempatan berkeliling dan melihat langsung berbagai fasilitas yang ada di NasDem Tower mulai dari ruang kerja Ketua Umum NasDem hingga Panglima Itam Library of NasDem.
Rombongan juga diperkenalkan dengan sederet tokoh pahlawan nasional Indonesia yang patung dan foto-fotonya terpampang di NasDem Tower hingga mendengarkan suara Bung Karno saat membacakan teks proklamasi.(ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *