NasDem Awali Program 1 Juta Ha dari Keerom Papua

NasDem Awali Program 1 Juta Ha dari Keerom Papua

KEEROM (Kastanews.com)- Bidang Pertanian, Peternakan dan Kemandirian Desa DPP NasDem melakukan penanaman perdana kedelai seluas 50 Ha di Kampung Asyaman Swakarsa, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (21/7). Upaya tersebut menjadi langkah awal mewujudkan program satu juta Ha budidaya pertanian di Indonesia.

“Satu juta hektare ini akan tersebar di seluruh nusantara dan kami memulai program dari Kabupaten Keerom untuk mewujudkan ketahanan pangan khususnya untuk kedelai,” kata Ketua Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP NasDem, Sulaeman L Hamzah yang juga Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem di lokasi kegiatan.

Sulaeman menambahkan Kabupaten Keerom dipilih sebagai episentrum awal dari ekosistem pertanian yang digagas NasDem lantaran pemerintah setempat sangat terbuka menerima program tersebut. NasDem akan terus bersafari ke seluruh wilayah Indonesia untuk mencapai satu juta hektar sesuai yang telah dicanangkan.

“Penanaman dua ton bibit kedelai ini merupakan program nasional untuk menjawab kebutuhan pangan secara nasional,” kata Legislator NasDem asal Dapil Papua itu.

Hadir dalam pelaksanaan tersebut Gubernur ABN NasDem, IGK Manila, Anggota Departemen Bidang Pertanian, Peternakan dan Kemandirian Desa DPP NasDem, H. Ayep Zaki serta Wakil Bupati Kabupaten Keerom, Wahfir Kosasih, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua, Ir. Semuel Siriwa, serta sederet tokoh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Ayep Zaki menjelaskan bahwa program penanaman kedelai ini merupakan bagian dari program ekosistem pertanian yang beliau gagas dan telah dikerjakan bertahun-tahun.

“Ini adalah bukan janji politik, tapi implementasi politik. Inilah politik yang sebenarnya. Politik yang sebenarnya adalah bagaimana masyarakat bersama-sama eksekutif dan legislatif, bersatu untuk peningkatan pemberdayaan manusia khusus pada bidang pertanian,” kata Ayep.

Ayep juga menambahkan, pembangunan sektor pertanian menjadi salah satu program prioritas untuk mencapai pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan petani serta masyarakat yang lebih baik. Hal tersebut menjadi fokus yang dikerjakan Ayep bersama Partai NasDem untuk menata kebaikan.

“Kita tidak bisa meminta anggaran terus menerus. Mari kita bekerja untuk menumbuhkan uang. Dengan penanaman jagung, kedelai, padi di tanah Papua, maka disanalah akan tumbuh uang,” ungkap Ketua Dewan Pakar NasDem Kabupaten Sukabumi itu.

Di kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kabupaten Keerom, Wahfir Kosasih mengaku sangat bahagia dengan hadirnya program nasional tersebut ke wilayahnya. Dia berharap program tersebut dapat berjalan lancar serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama yang ada di Keerom.

“Ini suatu kehormatan, makanya kami terus mengawal program penanaman ini, karena ini program nasional untuk masa depan masyarakat Kabupaten Keerom,” ujar Wahfir.(rls/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *