Ma’ruf Amin Ingatkan Pemda Bersiap Hadapi Potensi Bencana

Ma’ruf Amin Ingatkan Pemda Bersiap Hadapi Potensi Bencana

JAKARTA (Kastanews.com)- Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta pemerintah daerah untuk bersiap menghadapi potensi terjadinya bencana. Mengingat, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang berpotensi di sejumlah wilayah Indonesia.

“Saya perintahkan memang semua pemerintah daerah itu untuk bersiap menghadapi kemungkinan yang diprediksi sudah oleh BMKG tentang bencana yang akan kita hadapi, ini sebenarnya ini kan hampir setiap tahun cuma mungkin ada yang lebih besar, lebih kecil, tergantung daripada situasi yang kita hadapi,” tegas Wapres di sela kunjungan kerja di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (13/10/2022).

“Tahun ini memang bencananya dianggap agak besar, karena itu seluruh pemangku kepentingan di daerah harus disiapkan dan anggarannya sudah harus disiapkan,” imbuhnya.

Wapres menegaskan bahwa bencana menyangkut banyak pihak. Oleh karena itu, semua pemangku kepentingan harus bekerja sama untuk mitigasi bencana. “Setiap tahun dan tahun ini supaya diprioritaskan, itu bencana menjadi bagian daripada program daerah dan yang penting juga karena bencana ini menyangkut banyak pihak maka saya minta seluruh pemangku kepentingan bekerja bersama,” katanya.

Wapres mengatakan persoalan bencana tidak bisa ditanggulangi sendiri-sendiri, harus ada kolaborasi antar pemangku kepentingan. “Kita ingin membangun sekarang ini sinergi dan kolaborasi itu betul-betul menjadi satu kesatuan,” katanya.(rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *