Martinez Mundur Setelah Belgia Tersingkir dari Piala Dunia Qatar

Martinez Mundur Setelah Belgia Tersingkir dari Piala Dunia Qatar

JAKARTA (Kastanews.com)- Roberto Martinez mundur dari jabatan pelatih Timnas Belgia usai timnya tersingkir dari Piala Dunia 2022. Bagaimana catatan pelatih yang pernah membawa Belgia ke peringkat 1 FIFA? Roberto Martinez mengundurkan diri setelah Belgia terhenti di fase penyisihan grup Piala Dunia 2022.

Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Federasi Sepak Bola Belgia, Jumat (2/12/2022). “Kami berterima kasih kepada Roberto Martinez untuk semua yang dia capai dengan Generasi Emas ini, sebagai pelatih sekaligus direktur teknik. Empat tahun berturut-turut nomor satu di peringkat FIFA,” kata Ketua Umum Federasi Sepakbola Belgia, Peter Bossaert.

Meski pernah mencapai ranking 1 FIFA, Timnas Belgia nyatanya tidak punya cukup banyak trofi yang bisa dibanggakan. Kevin De Bruyne dkk hanya bermain imbang tanpa gol melawan Kroasia di laga terakhir Grup F di Ahmed bin Ali Stadium, Al Rayyan, Qatar, Kamis (1/12/2022) malam WIB.

Akibatnya, Timnas Belgia cuma finis di tempat ketiga dalam klasemen akhir Grup F. Mereka cuma mengoleksi empat poin dari tiga laga, selisih satu angka dari Kroasia yang menyegel posisi runner up di bawah sang pemuncak, Maroko. Mundurnya Roberto Martinez sekaligus menutup perjalanan generasi emas Belgia yang pernah disegani.

Martinez bisa dibilang sosok yang pernah memoles nama-nama seperti Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Jan Vertonghen, Dries Mertens, Axel Witsel, Toby Alderweireld hingga Thomas Meunier.(rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.