Lisda Hendrajoni Peroleh Gelar Mintuo di Pengukuhan Yang Dipertuan Tuanku Rajo Malenggang 

Lisda Hendrajoni Peroleh Gelar Mintuo di Pengukuhan Yang Dipertuan Tuanku Rajo Malenggang 

PADANG ARO (Kastanews.com)-  Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu yang terletak di Solok Selatan, Sumatra Barat menggelar pengukuhan Yang Dipertuan Tuanku Rajo Malenggang dari Suku Sikumbang.
Tuanku Rajo Malenggang merupakan salah seorang raja dari empat raja yang memimpin di Alam Surambi Sungai Pagu. Edi Susanto Didaulat sebagai raja pada Minggu (19/2) menggantikan raja sebelumnya yang telah wafat.
Prosesi pengukuhan tersebut dihadiri langsung oleh Rajo Alam Minangkabau Sultan M Farid Thaib Tuanku Abdul Fattah, serta sejumlah penghulu dari berbagai kaum, para perangkat adat dan para bundo kandung, serta Forkopimda Kabupaten Solok Selatan.
Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Lisda Hendrajoni tampak hadir dalam acara pengukuhan tersebut. Bahkan Lisda mendapat gelar “Mintuo” karena bersuamikan Hendrajoni yang memiliki gelar Datuk Bando Basau dari suku Sikumbang.
Sebagai anggota Komisi X DPR RI yang merupakan mitra Kemendikbudristek, Lisda mengaku sangat bangga dengan adat budaya Minangkabau yang terus dilestarikan oleh masyarakat Minang.
Lisda menyebut budaya dan sejarah harus terus mendapatkan tempat agar tak lekang oleh usia, sehingga dapat terus dilestarikan, dan menjadi adat budaya yang tak lekang oleh waktu bagi generasi penerus.
“Selaku anggota DPR RI dari Sumatra Barat yang saat ini bertugas di Komisi X dan membidangi kebudayaan, saya sangat bangga dengan adat budaya Minangkabau, yang terus dilestarikan secara turun temurun. Kami akan memberikan ruang seluas-luasnya, untuk berdikusi ataupun memperjuangkan berbagai pelestarian budaya di Indonesia, khususnya adat budaya Minangkabau,” ujar Lisda yang hadir menggunakan baju kurung lengkap dengan tingkuluak.
Legislator NasDem dari Dapil Sumatra Barat I (Kabupaten Pesisir Selatan, Solok, Sijunjung, Tanah Datar, Kepulauan Mentawai, Dharmasraya, Solok Selatan, Kota Padang, Kota Solok, Kota Sawahlunto, dan Kota Padangpanjang) itu juga mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Edi Susanto Yang Dipertuan Tuanku Rajo Malenggang sebagai raja dari Kaum Suku Sikumbang Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu.
Rajo Alam Minangkabau Sultan M Farid Thaib Tuanku Abdul Fattah berpesan agar peran raja yang didaulat dapat memberikan manfaat bagi masyarakat serta anak kemenakannya, dan menjalankan tugas sesuai dengan adat “basandi sara, sara basandi kitabullah” dengan mengesampingkan kepentingan pribadi.
Usai dinobatkan sebagi raja, Edi Susanto Tuanku Rajo Malenggang berencana akan langsung mengumpulkan para kaum ninik mamak, untuk membicarakan segala hal yang berkepentingan dengan kaum agar amanah yang ia emban dapat terlaksana dengan baik dan dapat dirasakan oleh kaum.(rls/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *