Jokowi Instruksikan Segera Suntikkan Vaksin Yang Tersebar di Daerah

Jokowi Instruksikan Segera Suntikkan Vaksin Yang Tersebar di Daerah

Kastanews.id, Jakarta (14/9) : Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan penyuntikan stok 41 juta dosis vaksin covid-19 yang tersebar di berbagai daerah.

“Atas arahan Presiden agar 41 juta dosis vaksin yang sudah tersebar di seluruh provinsi, kabupaten atau kota, agar segera disuntikkan,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin melalui konferensi televideo, Senin, 13 September 2021.

Menurut Budi, Jokowi juga menginstruksikan perhatian khusus kepada provinsi-provinsi dengan tingkat vaksinasi di bawah 20 persen. Capaian itu diminta segera bisa dikejar oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Panglima TNI, dan Kapolri.

Terdapat sejumlah provinsi dengan tingkat vaksinasi di bawah 20 persen. Yaitu, Lampung 15 persen, Sumatra Barat 18 persen, Maluku Utara 18 persen, dan Papua 19 persen.

“Harapan kita bersama agar bisa lebih cepat bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan persentase penyuntikan atau vaksinasi di atas 20 persen,” ucap Budi.

Menkes menambahkan, Indonesia telah menerima total 169 juta dosis. Sebanyak 157 juta dosis di antaranya sudah dikirim ke daerah. Sedangkan, 9 juta dosis sedang tahap perjalanan dan 3 juta dosis disimpan sebagai cadangan.

 Sebanyak 73 juta orang sudah divaksinasi dosis pertama dan 43 juta orang disuntik dosis kedua. Jumlah itu menempatkan Indonesia di posisi keenam dunia dalam tingkat vaksinasi.

“73 juta orang itu rangking enam dunia, sesudah China, India, Amerika, Brasil, Jepang, lalu Indonesia,” ujar Budi. (Yudistira)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *