Jambore Caleg Ala Partai NasDem

Jambore Caleg Ala Partai NasDem

Oleh: Gantyo Koespradono

BATURADEN (Kastanews.com): DI tengah hiruk pikuk “persaingan” bakal calon presiden, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jawa Tengah (Jateng), pada 21-25 Agustus 2023 mengadakan jambore di Baturaden, Purwokerto.

Peserta jambore selain para calon anggota legislatif (caleg) DPR RI/DPRD kabupaten dan kota se-Jateng, juga pengurus DPW dan DPD Partai NasDem se-Jateng.

Jambore dibagi menjadi dua angkatan. Angkatan pertama berlangsung pada 21-23 Agustus dan angkatan kedua, 23-25 Agustus.

Tujuan jambore adalah memersiapkan para caleg Partai NasDem se-Jateng, baik DPR RI maupun DPRD — juga pengurus NasDem di Jawa Tengah — untuk memenangkan Partai NasDem dan pastinya Anies Baswedan sebagai presiden dalam kontestasi Pilpres 2024.

Saya beruntung bisa mengikuti jambore tersebut sebagai peserta angkatan kedua. Dari arena jambore, saya dapat menyimpulkan, Partai NasDem Jateng benar-benar siap menyukseskan Pemilu Serentak 2024 yang di dalamnya ada pilpres.

Saya melihat persiapan yang dilakukan DPW Partai NasDem Jateng yang dipimpin ketuanya, Lestari Moerdijat, melalui panitia pelaksana, sangat luar biasa. Rapi.

Objek wisata Wana Wisata Baturraden (ditulis memang menggunakan dua huruf R) yang (maaf) sepertinya kurang terawat, tersulap menjadi arena festival. Umbul-umbul merah putih dan untaian jamur terpasang dan terbentang di mana-mana di sekitar arena jambore.

Dari panitia, saya mendapat informasi, selama pandemi covid-19, objek wisata berhawa sejuk bersuhu rata-rata 20 derajat celsius ini sepi wisatawan.

Mengutip pengelola, panitia menjelaskan, setelah pandemi covid-19 berakhir, baru kali inilah Wana Wisata Baturraden dihadiri wisatawan atau “tamu” dalam jumlah luar biasa hingga mencapai lebih dari 1.000 orang (keluarga besar Partai NasDem).

Penduduk sekitar juga mendapatkan rezeki dadakan. Pasalnya, semua konsumsi untuk peserta, DPW Partai NasDem Jateng memesan dari warga sekitar di Baturaden.

Bagi saya pribadi, ini pengalaman kedua saya dipercaya menjadi caleg DPR RI. Pada Pemilu 2019 saya pernah “nyaleg” di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah 2 (Demak, Kudus dan Jepara).

Kali kedua (2024), saya ditempatkan di Dapil Jawa Tengah 5 (Solo Raya: Boyolali, Klaten, Sukoharjo dan Kota Solo).

Tapi, baru kali ini DPW Partai NasDem Jateng memersiapkan para calegnya lewat acara jambore.

Di acara itu, kami tidak berjarak. Semua menyatu. Akrab. Kader NasDem yang kini duduk di DPR RI, seperti Eva Yuliana dan Fadholi juga larut mengikuti outbound dengan riang gembira.

Acara jambore dikemas benar-benar santai tapi juga serius. Penuh canda dan tawa. Di akhir acara (penutupan), panitia bahkan masih menggelar fashion show sarung yang diikuti 39 peserta, semuanya caleg.

Harap maklum, sebab seperti disampaikan Ketua DPW Partai NasDem Jateng, Lestari Moerdijat, Partai NasDem memang sudah bertekad menjadikan atau memngikuti Pemilu 2024 dengan riang gembira.

Ya, buat apa bersitegang? Yang namanya kontestasi, pasti ada kalah dan menang. Partai NasDem pastinya siap menang di pileg, termasuk di pilpres. Jika pun kalah, ya harus legowo.

Satu-satunya persoalan serius yang saya rasakan saat mengikuti jambore adalah ketika melakukan cek kesehatan sebelum masuk ke lokasi camping. Benar, peserta tidur di tenda/kemah.

Setelah perawat berkali-kali memeriksa dengan alat tensimeter, tekanan darah saya di atas 150. Perawat kemudian memberikan pita kuning di tanda pengenal saya. Artinya waspada atau hati-hati.

Saya diminta beristirahat selama lima menit. Lalu diukur lagi, hasilnya tidak berubah. Saya kemudian diminta berkonsultasi dengan dokter.

Setelah memeriksa hasil tes darah untuk mengetahui kadar gula darah, asam urat dan kolesterol, dokter menyarankan saya istirahat selama setengah jam dan diminta mengonsumsi obat penurun tekanan darah yang diletakkan di balik lidah.

Pasca setengah jam istirahat, dokter mengukur tekanan darah saya lagi. Hasilnya? Puji Tuhan, alhamdulillah, turun menjadi 134/80.

Itu berarti saya diizinkan ikut berbagai kegiatan jambore, termasuk outbound, meskipun berpita kuning.

Proses cek kesehatan itu perlu saya informasikan di tulisan ini guna membuktikan bahwa Partai NasDem (DPW Jawa Tengah) tidak main-main menggelar jambore demi keselamatan dan keamanan peserta.

Demikian pula, Partai NasDem ikut ambil bagian dalam Pemilu 2024 termasuk memersiapkan Anies Baswedan sebagai calon presiden tidak main-main.

Semua itu dilakukan demi keselamatan dan keamanan serta masa depan bangsa.[]
=========

Penulis adalah wartawan senior, caleg DPR RI Partai NasDem, Dapil Jawa Tengah 5.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *