Irma Suryani Minta Kemenkes Gencarkan Booster Cegah Varian Covid Arcturus

Irma Suryani Minta Kemenkes Gencarkan Booster Cegah Varian Covid Arcturus

JAKARTA (Kastanews.com): Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI, Irma Suryani, mendesak pemerintah memasifkan vaksinasi booster kepada masyarakat. Kementerian Kesehatan tak boleh lengah, terlebih sudah ada dua warga Indonesia yang terindikasi terpapar covid-19 varian baru XBB.1.16 atau Arcturus.

Anggota Komisi IX DPR RI itu mengatakan, sudah sejak lama mewanti-wanti soal ancaman kenaikan kasus covid-19, terutama dalam rapat kerja Komisi IX dengan Menteri Kesehatan.

“Inilah saya bilang sejak bulan pertama covid-19 dinyatakan naik kasusnya oleh Menkes. Saya sudah wanti-wanti untuk terus melanjutkan vaksinasi booster,” kata Irma, Jumat (14/4).

Ia mengungkapkan program vaksinasi belum seluruhnya merata di semua daerah, terlebih untuk vaksinasi booster. Hal itu menjadi masalah karena vaksin booster adalah salah satu palang pintu bagi penyebaran covid-19. Booster dapat meminimalisasi penularan dan efek viris tersebut.

“Vaksinasi booster tetap terus dilaksanakan, apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri. Harusnya pemerintah menutup tempat-tempat wisata karena berpotensi terjadinya kerumunan dalam jumlah besar,” pinta Irma.

Sebelumnya, Kemenkes mengkonfirmasi adanya kasus covid-19 varian baru, yakni XBB.1.16 atau Arcturus sudah terdeteksi di Indonesia. Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan hingga kini ada dua kasus covid-19 varian tersebut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *