Hanya Tujuh Parpol Diprediksi Lolos ke Senayan

Hanya Tujuh Parpol Diprediksi Lolos ke Senayan

JAKARTA (Kastanews.com): Hanya tujuh partai politik yang diprediksi lolos ke Senayan, Jakarta. Hal tersebut diungkap Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang mengukur elektabilitas partai politik yang akan bertarung di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, memaparkan klasifikasi partai politik yang berpeluang besar lolos ke parlemen. Pada klasifikasi partai besar ada PDI Perjuangan (PDIP) dengan elektabilitas 22,7 persen, Partai Golkar 13,8 persen, dan Partai Gerindra 11,2 persen.

“Partai besar pertarungannya menang pileg (pemilihan legislatif). Tapi kalau dari data, pemenangnya di antara tiga besar ini, bisa PDIP di atas, bisa Golkar di atas, atau bisa Gerindra yang di atas” ujar Ardian, dalam rilisnya di Kantor LSI Denny JA, Jakarta, Selasa (7/2).

Sedangkan klasifikasi partai menengah yang diprediksi lolos ke parlemen, yakni PKB dengan elekabilitas 8 persen, Partai Demokrat 5 persen, PKS 4,9 persen, dan Partai NasDem 4,4 persen. Elektabilitas partai politik tersebut di atas ambang batas parlemen atau parliamentary threshold 4 persen.

“Dari klasifikasi partai besar dan menengah ada tujuh partai yang masuk titik aman pertama lolos parlemen,” ujar dia.

Namun, elektabilitas ini masih bisa terus berubah. Dia mengingatkan para partai politik yang sudah memiliki elektabilitas di atas empat persen, khususnya partai yang masuk klasifikasi menengah, untuk menjaga suara pemilihnya agar tidak direbut partai lain.

“Mereka harus memastikan suara suara yang ada tidak menghilang atau kabur,” ucap dia.

Ardian pun menjelaskan ada beberapa partai lama yang terancam tak lolos ke parlemen. Yakni, PAN dan PPP.

PAN hanya mendapatkan elektabilitas 1,9 persen. Sedangkan, PPP 2,1 persen. Perolehan suara kedua partai itu masih kalah dari Perindo yang mencapai 2,8 persen.
Parpol Baru Masuk Klasifikasi Partai Guram.

Ardian memaparkan elektabilitas partai politik (parpol) baru yang akan berkompetisi di Pemilu 2024. Dari sederet partai baru tersebut, mereka masuk klasifikasi partai guram alias di bawah 1 persen.

Partai tersebut, yakni Partai Ummat dengan 0,3 persen, Partai Buruh 0,1 persen, dan Partai Gelora 0,1 persen. Di luar tiga partai tersebut, ada PSI yang juga masuk golongan partai guram dengan elektabilitas 0,5 persen, PBB 0,3 persen, Partai Garuda 0,3 persen, Partai Hanura 0,1 persen, dan Partai PKN 0,1 oerseb

Survei ini dilakukan menggunakan 1.200 responden di 34 provinsi pada 4-15 Januari 2023. Metode yang digunakan dengan wawancara secara tatap muka (face to face interview). Margin of error (Moe) survei ini adalah sebesar +/- 2.9 persen dengan tingkat kepercayaan sekitar 98 persen.

LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif untuk memperkuat hasil jajak pendapat. Riset dilakukan dengan analis media, Focus Group Discussion (FGD), dan indepth interview.(rls/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *